Senin, 18 Nov 2019
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Tambah Kemampuan Beternak, PNM Gelar Sosialisasi Kluterisasi Unggas

Kepada Peternak Unggas di Desa Kebonduren

18 September 2019, 18: 21: 35 WIB | editor : Didin Cahya FS

PEDULI UKM: Pemimpin Cabang PNM Blitar M. Untoro (dua dari kanan) menyampaikan sambutan di dampingi Pj Kades Kebonduren Muhaimin dan perwakilan Dinas Peternakan Kabupaten Blitar serta perwakilan dari Satwa Unggul, Rabu (18/9).

PEDULI UKM: Pemimpin Cabang PNM Blitar M. Untoro (dua dari kanan) menyampaikan sambutan di dampingi Pj Kades Kebonduren Muhaimin dan perwakilan Dinas Peternakan Kabupaten Blitar serta perwakilan dari Satwa Unggul, Rabu (18/9). (MOCHAMMAD SUBCHAN ABDULLAH/RADARTULUNGAGUNG.ID)

PONGGOK, Radar Blitar - Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Blitar menggelar sosialisasi Program Klusterisasi Unggas kepada sejumlah peternak di Desa Kebonduren, Kecamatan Ponggok, Rabu (18/9).

Sebanyak 80 peternak unggas mengikuti sosialisasi yang digelar di Balai Desa Kebonduren. Sosialisasi disampaikan langsung oleh narasumber dari Satwa Unggul drh. Agus Sugito. Para peternak juga mendapat motivasi manajemen ternak unggas yang baik dan benar.

Pemimpin Cabang PNM Blitar M. Untoro menjelaskan, sosialisasi program Klusterisasi Unggas itu merupakan bagian dari program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) PNM. Peternak diberikan pengetahuan tentang memelihara unggas yang benar. "Jadi selain memberikan pembiayaan modal, kami juga melakukan pelatihan dan pendampingan," jelasnya.

Untoro mengatakan, PKU berupa program klusterisasi unggas itu bertujuan untuk mengembangkan potensi ternak unggas di wilayah Desa Kebonduren, Kecamatan Ponggok. Sebab, peternakan unggas berupa ayam petelur menjadi salah satu pontensi unggulan di desa tersebut.

PNM berupaya mengembangkan potensi peternakan unggas tersebut agar menghasilkan produksi telur yang baik. Melalui sosialisasi itu peternak diajarkan bagaimana membuat kandang ayam yang sehat dan sesuai standar. "Lalu, bagaimana memanajemen segala kebutuhan ternak unggas dan lain sebagainya," ungkap pria ramah ini.

PKU tersebut tidak lepas dari peran Unit Layanan Modal Mikro (UlaMM) dan Meekar (Membina keluarga sejahtera). Sebuah program pemerintah untuk meningkatkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta kesejahteraan keluarga pra sejahtera,dan Mikro. "Yang merupakan layanan pembiayaan  usaha dari PT PNM, Badan usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan pemerintah dalam mewujudkan program nawa cita" lanjut Oficcer Jasa Managemen Lembaga dan Program Kemitraan Bina Lingkungan (JML dan PKBL) Cabang Blitar Guntoro.

Pj Kepala Desa Kebonduren Muhaimin sangat mengapresiasi sosialisasi tersebut. Melalui sosialisasi program klusterisasi unggas itu PNM diharapkan juga bisa melatih dan mendampingi para peternak untuk mengembangkasa usaha ternaknya. "Kami berharap program ini berkelanjutan. Sehingga bisa berdampak positif bagi peternak. Kesejahteraan peternak lebih terjamin," ungkapnya. 

(rt/kan/did/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia