Senin, 18 Nov 2019
radartulungagung
icon featured
Tulungagung

Riris : Punya JKN-KIS, Kalau Sakit Sudah Terjamin

28 September 2019, 10: 04: 35 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

Riris : Punya JKN-KIS, Kalau Sakit Sudah Terjamin

Tulungagung - “Terbantu dengan adanya BPJS Kesehatan, apalagi saya harus operasi saat melahirkan anak kembar saya, dan sempat pendarahan saat itu,” adalah kesan yang disampaikan Riris Puspitaningtyas (29), setelah merasakan manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Warga Desa Jatimulyo Kecamatan Kauman Tulungagung ini menceritakan pengalamannya ketika melahirkan putri kembarnya yang kini berusia 4 bulan.

“Ada penyulit saat itu, posisi bayi melintang dan terlilit usus, sehingga dokter mengarahkan untuk operasi,” ucapnya.

Tidak sampai disitu, ia juga mengalami pendarahan sehingga membutuhkan 3 kantong darah.

“Saya banyak komplikasi, harus tambah darah hingga 3 kantong,” ujar Riris.

Ibu 3 orang putra ini mengaku percaya menggunakan JKN-KIS karena merasa pelayanan kesehatan yang diperoleh bagus, tidak ada pembedaan dengan pasien umum.

“Saya percaya pelayanan kesehatan menggunakan JKN-KIS bagus, pelayanannya sama dengan pasien umum, obat sama, tidak dibedakan, kan hanya ruangan atau kamar yang berbeda,” ungkap Riris.

Sebagai salah satu tenaga di Puskesmas di wilayah Kabupaten Tulungagung, Riris juga mengedukasi peserta JKN-KIS maupun masyarakat yang belum terdaftar apabila merasa pesimis dengan program Pemerintah ini melalui pengalaman pribadinya sebagai peserta JKN-KIS yang sudah merasakan manfaatnya.

“Kalau ada pasien yang pesimis akan program ini, pasti saya sharing pengalaman saya,” ucapnya.

Riris juga menceritakan kondisi Bapaknya yang memiliki riwayat penyakit jantung. Rutin kontrol menggunakan JKN-KIS, tanpa iur biaya, tentunya terbantu.

“Bapak saya juga peserta JKN-KIS, punya sakit jantung. Setiap bulan harus kontrol, terus konsumsi obat. Pakai JKN-KIS terbantu. Nggak pusing biaya. Doanya kan pengen tetep sehat, nggak ada yang mau sakit, sakit kadang datangnya mendadak, uang juga kadang ada kadang nggak ada. Dengan adanya Program JKN-KIS Alhamdulillah terbantu, pelayanan kesehatan terjamin,” pungkasnya.

Menurutnya, bagi masyarakat yang tingkat perekonomiannya rendah dengan adanya Program JKN-KIS apabila sakit pasti terbantu, bagi yang sering menggunakan dan membutuhkan juga pasti terbantu. Riris berharap masyarakat yang belum terdaftar agar segera mendaftar karena kesehatan diri terjamin.

“Harapan saya untuk BPJS Kesehatan agar pelayanan kesehatannya semakin ditingkatkan. Karena saya sudah merasakan manfaat Program JKN-KIS. Alhamdulilah menggunakan JKN-KIS terbantu, administrasi juga nggak sulit. Banyak teman saya yang akhirnya menggunakan JKN-KIS, karena saya yakinkan sesuai pengalaman saya. Masyarakat harus segera mendaftar karena kita nggak tau kapan sakit, kapan sehat, kalau punya JKN-KIS kalau sakit kan sudah terjamin, nggak perlu memikirkan biaya, biayanya bisa digunakan untuk kebutuhan yang lain,” jelasnya.(ar/ck)

(rt/red/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia