Minggu, 08 Dec 2019
radartulungagung
icon-featured
Sportainment

Woow, Ratusan Pelari Sejumlah Daerah Ikut Meriahkan Blitar 10 K

29 September 2019, 13: 11: 18 WIB | editor : Didin Cahya FS

SUKSES: Plt Wali Kota Blitar Santoso memberangkatkan peserta Blitar 10K, Minggu (29/9)

SUKSES: Plt Wali Kota Blitar Santoso memberangkatkan peserta Blitar 10K, Minggu (29/9) (BLITAR 10K FOR RADARTULUNGAGUNG.ID)

KEPANJENKIDUL, Radar Blitar - Lebih dari 700 pelari mengikuti event Blitar 10K yang digelar Komunitas Patria Run dan Oxygen Thief, Minggu (29/9). Mereka datang dari berbagai daerah di Indonesia untuk memeriahkan event lari bergengsi yang baru pertama kali digelar di Kota Blitar tersebut. 

Salah satu pelari Nasional Triyaningsih hadir langsung sebagai bintang tamu. Atlet lari 31 tahun itu juga ikut lari bersama peserta lainnya. Blitar 10K juga diikuti beberapa pelari dari luar negeri. 

Start mulai pukul 05.30, ratusan pelari diberangkatkan langsung oleh Plt Wali Kota Blitar Santoso. Ada tiga kategori lomba lari yang dibuka yakni 10 Kilometer, 5 Kilometer, dan Kategori anak (Kiddash) 800 meter. Mereka berlari mengelilingi beberapa tempat wisata di Kota Blitar seperti Makam Bung Karno dan Istana Gebang. 

Plt Wali Kota Blitar Santoso sangat mengapresiasi  event lari tersebut. Meski baru pertama digelar, namun animo peserta begitu tinggi. "Ini sangat bagus sekali. Ajang lari ini momen tepat untuk memperkenalkan potensi pariwisata yang ada di Kota Blitar," jelasnya usai memberangkatkan peserta, Minggu (29/9). 

Santoso mengatakan, event lari tersebut ke depan bisa menjadi agenda rutin tahunan di Kota Blitar. Event tersebut nantinya bisa dilaksanakan setiap memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas). "Itu momen yang tepat. Nanti bisa dibanengkan dengan agenda Haornas Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar," ujarnya. 

Nantinya, Pemkot Blitar menunjuk Dispora untuk membantu pelaksanaannya event bersama komunitas lari di Blitar. Pemkot akan mendukung penuh kegiatan dalam rangka untuk menyehatkan masyarakat tersebut. 

Race Director Blitar 10 K Suheri mengatakan, ajang lari bergengsi itu berjalan lancar dan sukses. Animo masyarakat untuk mengikuti lomba lari begitu tinggi. "Dari tiket yang kami sediakan sebanyak 700 slot ludes terjual. Bahkan H-1 event masih ada orang yang tanya tiket lomba. Masih ada atau habis," kata pria berkacamata ini. 

Panitia, lanjut dia, untuk sementara memang membatasi jumlah peserta lomba. Namun, karena animo begitu tinggi panitia berencana untuk menambah kuota peserta lomba. "Ke depan mungkin kami akan menambah tiket lagi. Animonya tinggi banget," ungkapnya lantas tersenyum. 

Suheri mengatakan, event lari Blitar 10 K bertujuan untuk mengajak masyarakat hidup lebih sehat dan bugar. Salah satunya melalui olahraga lari tersebut. "Olahraga lari ini sangat murah. Bisa dilakukan sewaktu-waktu," ujarnya.  

Beberapa pejabat seperti Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Blitar Juari, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Blitar Tri Iman Prasetyo, dan Kepala Dinas Perhubungan Priyo Suhartono juga hadir. Ketiganya juga ikut lari. 

Selain itu, juga turut serta Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar beserta sejumlah anggotanya. Pelaksanaan Blitar 10 K berlangsung aman. Sejumlah personel dari kepolisian dan dishub disiagakan di titik-titik rute lari untuk menjaga keamanan dan ketertiban. 

(rt/kan/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia