Rabu, 16 Oct 2019
radartulungagung
icon featured
Pendidikan

SMP Jawaahirul Hikmah Raih Prestasi Fantastis di Tingkat Dunia

07 Oktober 2019, 13: 03: 21 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

DIUNDANG: Agus Wiyoto saat menjadi juri dalam The 3 and Road Science Teenager Camp bersama deputi Qitep in  Science dan kunjungan kelas dalam pembelajaran sains di sebuah sekolah di Guangxi, Tiongkok.

DIUNDANG: Agus Wiyoto saat menjadi juri dalam The 3 and Road Science Teenager Camp bersama deputi Qitep in Science dan kunjungan kelas dalam pembelajaran sains di sebuah sekolah di Guangxi, Tiongkok. (SMP Jawaahirul Hikmah for Radar Tulungagung)

Satu demi satu prestasi membanggakan diraih SMP Jawaahirul Hikmah (JH). Selain mendapatkan pengakuan di lingkup Jawa Timur hingga diliput TVRI, Kepala SMP Jawaahirul Hikmah Agus Wiyoto diundang dalam agenda tingkat dunia di Nanning, Guangxi, Tiongkok.

20 September 2019 merupakan momen yang tak terlupakan bagi keluarga besar SMP Jawaahirul Hikmah. Tepat di usianya yang ke-13, SMP yang berbasis di Pondok Pesantren Jawaahirul Hikmah Desa/Kecamatan Besuki ini mendapat karunia yang luar biasa.

Pertama, mendapat bantuan wirausaha dari DIT PSMP berupa program hidroponik. Kedua, seluruh kegiatan sekolah ini diliput TVRI dan akan tayang dalam program jejak Islam pada 13 Oktober 2019 pukul 04.30. Ketiga, seluruh santrinya diundang Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa untuk menampilkan kepiawaian mereka dalam bermain marching band dan drama kolosal dalam perayaan HUT Ke-72 Jatim pada 12 Oktober mendatang.

Dan yang paling fantastis adalah Kepala SMP Jawaahirul Hikmah Agus Wiyoto, mendapat kehormatan untuk mengikuti Science Fusion Curriculum Workshop sedunia. Serta menjadi juri dalam perhelatan akbar The 3rd Belt and Road Science Teenager Camp yang diikuti oleh 60 negara dari empat benua di Nanning, Guangxi, Tiongkok.

Prestasi terakhir merupakan berkah kemitraan dengan Qitep in Science SEAMEO. Tidak tanggung-tanggung, peserta kegiatan sedunia ini diikuti oleh banyak guru dan siswa berprestasi sedunia dari berbagai negara besar. Dari Asia ada Jepang, India, Pakistan, Iran, Indonesia, Oman, Kamboja, Malaysia, Filipina, Vietnam, Myanmar, Thailand, dan Tiongkok sebagai tuan rumah. Dari Eropa ada Italia, Rumania, Kosta Rika, Serbia, Republik Ceko, dan lain-lain. Dari Euroasia ada Tajikistan, Uzbekistan, Azerbaiyan, Turki, dan sebagainya. Dari Afrika ada Uganda, Kenya, Tunisia, dan sebagainya.

Pada pertemuan dengan Direktur Qitep in Science dan deputinya, ke depan guru dan siswa SMP Jawaahirul Hikmah juga akan diberi kesempatan untuk mengikuti event bergengsi yang diikuti seluruh negara di dunia.

Kepala SMP Jawaahirul Hikmah Agus Wiyoto mengatakan, dirinya juga berkesempatan untuk mengikuti Science Education Forum. Di dalamnya ada agenda kunjungan ke beberapa pusat sains di Tiongkok dan studi banding ke beberapa sekolah di Nanning, Guangxi, Tiongkok. “Agenda ini untuk melihat dari dekat proses pembelajaran sains di Negeri Tirai Bambu tersebut seperti apa,” katanya.

Pria ramah ini mengaku belum percaya atas segala anugerah dan prestasi yang didapat kali ini. Untuk itu, atas nama pribadi dan lembaga, dia mengucapkan terima kasih kepada Dirjen Dikdasmen Kemendikbud beserta seluruh jajaran yang telah banyak memberikan banyak bantuan kepada SMP Jawaahirul Hikmah. Lalu kepada TVRI yang berkenan meliput kegiatan di Pondok Pesantren Jawaahirul Hikmah, selanjutnya Gubernur Jatim yang memberi kesempatan santri JH untuk tampil kembali di Grahadi. “Yang terakhir kepada Direktur Qitep in Science dan seluruh stafnya yang telah memberi kesempatan emas di Tiongkok,” jelas pria peraih kepala sekolah berprestasi tingkat nasional dan pernah mengikuti short course di Hiroshima University Jepang dan IVLP di Amerika ini. (ed/rka)

(rt/rak/ang/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia