Minggu, 08 Dec 2019
radartulungagung
icon featured
Blitar

Terpuji karena Pekerti dan Prestasi

07 Oktober 2019, 13: 20: 16 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

Terpuji karena Pekerti dan Prestasi

KEPANJENKIDUL, Radar Blitar - Tiap sekolah di Kota Blitar memiliki visi dan misi masing-masing. Tak terkecuali UPTS SP SDN Ngadirejo I. Meski berada di kawasan pinggiran, yakni Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kepanjenkidul, sekolah itu juga punya peran penting untuk mencerdaskan anak didik.

Karena itulah, para guru terus bersemangat dalam melaksanakan kegiatan belajara mengajar (KBM). Salah satu misi sekolah dasar tersebut, yakni membimbing setiap peserta didik untuk mengenl jati dirinya, bersikap jujur, disiplin, dan bertanggung jawab sehingga berkembang secara optimal. Hal itu diungkapkan Kepala SDN Ngadirejo I Didik Purwanto.

Ada beragam tujuan yang dimiliki UPT SP SDN Ngadirejo I. Beberapa di antaranya melaksanakan KBM dengan pendekatan partisipasi, aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM). Tujuan lain, menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi. Seain itu, menyiapkan peserta didik yang terampil, jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan berwawasan lingkungan.

Didik Purwanto mengatakan, untuk mengubah perilaku yang lebih baik, perlu gerakan di sekolah dalam memperkuat karakter peserta didik. Ini bisa melalui harmonisasi etik (olah hati), estetik (olah rasa), literasi (olah pikir), dan kinestetik (olahraga). Selian itu, juga keterlibatan publik serta kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat.

UPT SP SDN Ngadirejo I memiliki program penguatan pendidikan karakter (PPK). “Yakni pengintegrasian PPK dalam kurikulum, PPK melalui manajeman kelas, dan PPK melalui pilihan, serta penggunaan metode pembelajaran,” jelas Didik.

Nah, nilai utama PPK di antaranya religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan inategritas.

Pria ramah itu mengatakan, di sekolah yang dipimpinnya juga dilaksanakan pendalaman materi pelajaran. Terutama untuk mata pelajaran matematika dan IPA. “Guru telaten memberikan pendampingan untuk pendalaman materi,” ujarnya.

Kegiatan ekstrakurikuler di UPT SP SDN Ngadirejo I beragam. Di antaranya hadrah dan karawitan yang digelar setiap Senin, membatik setiap Rabu, Pramuka tiap Kamis, dan sebagainya. Semua ekstrakurikuler didampingi guru yang berkompeten. Begitu juga bidang olahraga. Cukup banyak siswa sekolah tersebut yang berhasil meraih prestasi membanggakan. Misalnya juara I bulu tangkis, juara tenis meja, bahkan catur.

Untuk fasilitas, UPT SP SDN Ngadirejo I tak kalah dengan sekolah yang berada di sekitar pusat kota. Ruang kelas memadai, musala, UKS, perpustakaan, dan sebagainya. Bahkan, kini sekolah juga bakal membangun sarana dan prasarana. Misalnya, penambahan MCK, tempat wudu, dan lainnya. “Nanti rencananya tempat ini juga dibangun semacam joglo untuk pusat kegiatan,” ungkap Didik, sambil menunjukkan lahan yang akan dibangun.

Dia menambahkan, pihaknya tidak ingin anak-anak lupa dengan kearifan lokal. Karena itulah, juga ada kegiatan karawitan. Penyanyi dan penabuh gamelan, semuanya siswa.

Terkait orang tua atau wali murid, Didik menyatakan tetap ada hubungan baik dengan sekolah. Buktinya, ada pertemuan yang sering dilaksanakan untuk membahas beragam hal demi kemajuan sekolah. Selain itu, juga ada penambahan gizi untuk siswa. Yakni disesuaikan dengan jadwal mata pelajaran olahraga. 

(rt/whe/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia