Minggu, 08 Dec 2019
radartulungagung
icon featured
Pendidikan

UNISBA Semakin Mendunia, Jalin Kerja Sama Internasional

07 Oktober 2019, 13: 22: 33 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

UNISBA Semakin Mendunia, Jalin Kerja Sama Internasional

SANANWETAN, Radar Blitar - Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar menjalin kerja sama internasional bersama Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) wilayah Jawa Timur. Yakni di tiga perguruan tinggi di India. Di antaranya SHARDA University, Delhi Technological University, dan SRM University New Delhi.

Kerja sama itu tak lain untuk mewujudkan visi universitas menjadi perguruan tinggi unggul sebagai The Entrepreneurial University yang menjunjung tinggi nilai-nilai Islam pada 2035. Selain kerja sama tersebut, Unisba juga berkunjung ke Kedutaan Besar RI untuk India di New Delhi.

Ada beberapa tujuan berkaitan kerja sama internasional itu. Di antaranya menjalankan visi Universitas Islam Balitar sebagai The Entrepreneurial University. Selain itu, menjalankan misi universitas dalam melaksanakan Panca Dharma, yakni pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kerja sama, dan tata kelola.

Perjalanan akademik ke India dilaksanakan pada 23-29 September 2019. Kerja sama pertama dilakukan dengan Sharda University, pada 24 September 2019 di wilayah Greater Nodia, New Delhi. Nota kesepahaman ditandatangani Rektor Unisba Blitar dan Vice Chancelor Academic Affairs, SHARDA University. Kerja sama itu meliputi penelitian research and development dan jurnal internasional, kerja sama pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, pertukaran pejabat akademik, serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui konferensi, yakni fokus group dan on line learning. Kerja sama lain yakni dalam bidang budaya. Pada universitas ini juga telah disepakati untuk memasukkan para profesor dan dosen di SHARDA sebagai reviewer jurnal-jurnal international di Unisba Blitar.

Pada 25 September 2019, kerja sama dengan Delhi Technological University, dalam hal yang sama dengan SHARDA University. Penandatanganan kerja sama dilakukan antara rektor Universitas Islam Balitar dengan Dean of International Affair & Professor Dr Vishal Verma.

Sedangkan pada 27 September 2019, penandatanganan kesepakatan kerja sama dengan SRM University. Itu dilakukan rektor Unisba dengan Vice Chancelor SRM University Dr P Prakash, dengan program yang sama dengan kedua universitas tersebut.

Dilanjutkan dengan kunjungan ke KBRI untuk India di New Delhi. Di Kedubes KBRI, rombongan Unisba Blitar yang terdiri atas Rektor Unisba Drs H Soebiantoro; Wakil Rektor Bidang Akademik dan Sistem Informasi Dr H Supriyono, MEd; Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Harry Suprayitno, SE, MM; dan Ketua Dewan Pembina Yayasan Bina Citra Anak Bangsa Lilik Pujiati, diterima oleh Wakil Dubes Fince Suebu, Counsellor Information, Social, and Cultural Affairs Irvan Fachrizal serta Atase Pendidikan dan Kebudayaan Lestyani Yuniarsih. Unisba Blitar akan segera menindaklanjuti arahan perwakilan Indonesia tersebut dalam hal kesempatan kerja sama pendidikan, kesehatan, dan budaya. 

(rt/whe/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia