Jumat, 06 Dec 2019
radartulungagung
icon featured
Blitar

Bupati Rijanto dan Ribuan Warga Salat Istisqa

08 Oktober 2019, 09: 59: 59 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

Bupati Rijanto dan Ribuan Warga Salat Istisqa

PANGGUNGREJO, Radar Blitar- Bupati Blitar Rijanto bersama ribuan warga di Desa/Kecamatan Panggungrejo, menggelar salat istisqa, kemarin (7/10). Mereka menjalankan ibadah untuk meminta hujan tersebut dengan khusyuk di lapangan desa setempat.

Selain salat istisqa, ada santunan kepada warga kurang mampu dan droping air bersih dari organisasi kemasyarakatan (ormas) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar.

“Salat istisqa diikuti ulama, kiai, masyarakat umum, ormas, pelajar, kepala desa (kades) di Kecamatan Panggungrejo. Harapannya memohon kepada Allah Subhanahu wa taala, agar segera turun hujan pada musim kemarau,” jelas Bupati Rijanto.

Bupati Rijanto mengucapkan terima kasih kepada peserta salat dan ormas yang turut dalam salat istisqo. Di antaranya, Nahdatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Dharma Wanita, PMI,  takmir masjid, dan lain-lain.

Tak lupa, lanjut dia, terima kasih disampaikan pula kepada BASNAS Kabupaten Blitar, LAZIS,  telah memberikan santunan kepada warga kurang mampu.

Terkait dengan kekeringan di Kabupaten Blitar ini terus di tangani. Ada empat kecamatan mengalami kekeringan. Yakni Wates, Binangun, Wonotirto, dan Panggungrejo.

Untuk diketahui dan perlu jadi catatan, tidak semua desa di kecamatan itu kekeringan. Hanya ada beberapa desa dan kepala keluarga (KK). Misalkan di Desa Tugurejo, Wates, ini ada satu rukun warga (RW). Jadi tidak semua KK dalam satu desa.

Dari BPBD Kabupaten Blitar dan PMI hampir tiap hari menyuplai kebutuhan air bersih kepada warga kurang mampu di lokasi-lokasi yang membutuhkan.                          

Dia menambahkan, penanganan kekeringan di Blitar selatan sudah baik. Jika dibandingkan tujuh tahun lalu masih ada titik-titik tertentu sulit air. Sebab Pemkab Blitar terus melakukan pelayanan kepada masyarakat. Termasuk lewat PDAM, program penyedian air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) kerjasama dengan Pemprov Jatim. Tahun 2020 ada Program Pamsimas di Kecamatan Wates dan Kademangan. “Jika ada sumber air, dari pemkab akan melakukan optimalisasi untuk memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat,” tandas pria ramah ini.

Kepala BPBD Kabupaten Blitar Heru Irawan  menambahkan, tiap hari dua truk tangki, setiap truk  berisi 6 ribu liter didisitribusikan kepada warga kurang mampu yang membutuhkan air.

Ada penanganan prioritas untuk pendistribusi air. “Misalkan pabrik atau peternakan masih belum ada prioritas. Warga kurang mampu tetap jadi prioritas,”  ungkapnya. 

(rt/hms/ang/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia