Rabu, 11 Dec 2019
radartulungagung
icon featured
Blitar

Bupati Rijanto Ajak Ciptakan Suasana Tertib Pelaksanaan Pilkades

11 Oktober 2019, 10: 04: 25 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

SEPAKAT DAMAI: Bupati Rijanto ketika melihat kesiapan linmas untuk membantu pengamanan Pilkades serentak 2019, pada 15 Oktober nanti.

SEPAKAT DAMAI: Bupati Rijanto ketika melihat kesiapan linmas untuk membantu pengamanan Pilkades serentak 2019, pada 15 Oktober nanti.

KANIGORO, Radar Blitar - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019 tinggal menghitung hari. Kemarin (10/10), Pemkab Blitar menyerahkan ribuan personel perlindungan masyarakat (linmas) kepada petugas keamanan untuk mendukung tim pengamanan selama pesta demokrasi tersebut.

Selain itu, seluruh calon kepala desa (cakades) peserta Pilkades serentak 2019 juga dikumpulkan untuk mewujudkan suasana aman, tertib, dan lancar.

Sejak pagi, Alun-alun Kabupaten Blitar di Jalan Kusuma Bangsa, Kanigoro, telah berkumpul ribuan orang terdiri dari unsur linmas, cakades, serta sejumlah personel TNI dan Polri. Forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) hadir secara lengkap. Selain bupati dan wakil bupati (wabup), didampingi sekretaris daerah, kapolres Blitar, kapolres Blitar kota, Dandim 0808 Blitar, serta kajari Blitar hadir dalam kesempatan tersebut.

Ya, rangkaian apel gelar pasukan dan serah terima personel linmas kepada pihak keamanan ini diselingi dengan deklarasi damai, diikuti 518 cakades yang bakal berkompetisi untuk mengisi 167 kursi kades.

Bupati Rijanto mengatakan, satlinmas yang ada di kabupaten berjumlah 2.208 orang. Personel keamanan akan didistribusikan ke 167 desa pelaksana pilkades serentak.

Dia mengaku, pilkades ini meliputi dua wilayah hukum. Yakni Polres Blitar Kota ada 55 desa penyelenggara pilkades, sedangkan untuk wilayah hukum Polres Blitar ada 112 desa penyelenggara pilkades. "Enam kecamatan masuk wilayah Polres Blitar Kota, sedangkan Polres Blitar ada 16 kecamatan harus diamankan," tuturnya.

Dia bersyukur bahwa Blitar tidak terdampak atas sejumlah peristiwa yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat di beberapa daerah.

Meski begitu, fungsi pengamanan harus tetap dioptimalkan dan selalu menjaga kewaspadaan. "Kita semua berharap tidak ada gangguan keamanan jelang pemilihan maupun setelah pemilihan kepala desa ini," katanya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Rijanto titip pesan kepada 518 cakades yang ikut berkompetisi dalam gelaran pilkades serentak. Yakni untuk bersama-sama menciptakan suasana pesta demokrasi yang tertib, aman, dan lancar. Sebab, diakui atau tidak, setiap cakades memiliki dukungan dan pendukung yang tentunya militan dalam gelaran pilkades ini. "Jadi, patuhi peraturan yang ada. Berani maju, berarti harus siap menang dan siap kalah," tegas dia.

Di sisi lain, diimbau kepada para panitia pilkades serentak untuk menjaga sportivitas dan netralitas selama menyelenggarakan pemilihan.

(rt/hms/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia