Senin, 18 Nov 2019
radartulungagung
icon featured
Tulungagung

Waspadai, Narkoba Mulai Sasar Anak-Anak

14 Oktober 2019, 09: 32: 15 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

ilustrasi

ilustrasi

KOTA, Radar Tulungagung – Kasus penyalahgunaan narkotika di kalangan remaja masih terbilang marak. Buktinya, dari data Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tulungagung mencatat awal Januari hingga kini ada 36 pengguna narkoba yang direhabilitasi. Parahnya, 20 persen di antaranya berusia anak-anak. Hal itu diungkapkan Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Tulungagung Tri Arief.

Dia mengatakan, peredaran narkoba di Tulungagung masih menjadi pilihan bisnis yang menjanjikan. Buktinya, masih ada oknum yang berusaha menjualbelikan barang haram tersebut. Sasarannya tidak hanya usia produktif, tapi juga menyasar kalangan pelajar. Dari data, 36 pengguna ada 20 persen di antaranya pelajar, yakni di bawah 17 tahun. " Ya, masih ada. Rerata pengguna di bawah umur ini mengonsumsi pil dobel L. Mungkin karena harganya yang murah itu," katanya

Kendati demikian, jika dibandingkan 2018, angka pengguna yang direhabilitasi terbilang menurun. Jika 2018, ada sekitar lebih 50 pengguna. Tahun ini menurun karena melihat angka di awal Oktober saja masih menembus angka 36 pengguna. Lantas, pihaknya mengartikan menurunnya pengguna itu menunjukkan kesadaran masyarakat semakin meningkat. "Ya, kesadarannya semakin meningkat. Berarti sosialiasi kami sudah dipahami oleh masyarakat," tambahnya.

Disinggung mengenai penangkapan jaringan narkoba di Tulungagung, pihaknya mengaku terus berupaya memberantas jaringan pengedaran narkoba. Terakhir, pihaknya mengungkap pengedaran narkoba dari kurir Sidoarjo dengan barang bukti 3 ons. "Kami juga gencar sosialisasi, termasuk roadshow ke sekolah-sekolah. Baik tingkat SD maupun SMA," tandasnya.

(rt/lai/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia