Senin, 18 Nov 2019
radartulungagung
icon featured
Tulungagung

Target PAD Uji Kir Naik Tahun Ini Rp 1,7 Miliar

14 Oktober 2019, 09: 37: 04 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

PENGECEKAN RUTIN: Petugas memeriksa pada bagian bawah kendaraan angkutan barang.

PENGECEKAN RUTIN: Petugas memeriksa pada bagian bawah kendaraan angkutan barang. (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

KOTA, Radar Tulungagung – Target pendapatan asli daerah (PAD) dari pengujian kendaraan bermotor atau uji kir kendaraan di 2019 belum penuhi target. Tercatat, hingga akhir September lalu, jumlah pemasukan mencapai Rp 1,4 miliar.

Sementara target tahun ini sebesar Rp 1,7 M. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, target pada 2019 mengalami kenaikan. Ini karena bertambahnya jumlah kendaraan. Baik angkutan barang maupun orang. “Memang ada kenaikan target dan ini masih ada sekitar tiga bulan untuk penuhi target. Mudah-mudahan bisa tercapai,” jelas Plt Kepala UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Tulungagung Totok Harianto.

Totok mengatakan, dalam sehari setidaknya tercatat 100 kendaraan yang uji kir. Dalam sebulan sebanyak 2.000 hingga 2.500 kendaraan melakukan uji kir. Pengecekan dilakukan secara keseluruhan mulai dari uji rem, rem tangan, lampu, dan ban. Fisik dan administrasi juga harus sesuai. Jika tidak, kendaraan dinyatakan tidak lolos uji. “Pengecekan secara keseluruhan ini agar kendaraan benar-benar dinyatakan layak jalan dan untuk keselamatan bersama,” imbuhnya.

Pria berkumis ini menjelaskan, rata-rata kendaraan yang tidak lolos uji karena masa berlaku kir sudah habis sehingga terlambat pengecekan. Selain itu, kelengkapan administrasi juga menjadi beberapa faktor penyebab tidak lolosnya kendaraan. Untuk itu, dia pun mengimbau pada masyarakat pemilik kendaraan rutin melakukan pengujian kir setiap enam bulan sekali. Sebab, masih sering ditemukan penyebab kecelakaan karena kendaraan tidak layak jalan.

Dia berharap dengan ini, keselamatan setiap kendaraan dinas, angkutan barang, maupun orang dapat terjamin dan meminimalisasi kecelakaan. “Kalau semua kendaraan dalam keadaan baik dan layak jalan, keselamatan di jalan juga dapat terjamin dan menekan angka kecelakaan,” tandasnya.

(rt/nda/ang/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia