Senin, 18 Nov 2019
radartulungagung
icon featured
Tulungagung

Harga Melon Merangkak Naik

14 Oktober 2019, 09: 40: 53 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

MELONJAK: Usman sedang merawat tanaman melon di lahan pertaniannya.

MELONJAK: Usman sedang merawat tanaman melon di lahan pertaniannya. (ACHMAD RIZAL MUSTOFA/RATU)

PAKEL, Radar Tulungagung - Musim kemarau panjang membuat petani melon tersenyum lebar. Pasalnya, harga buah melon meningkat daripada bulan kemarin. Padahal, pada September lalu, harga buah melon sempat merosot dan membuat petani merugi. Alasannya, saat itu semua sedang panen. “Sekarang harga melon merangkak naik dibanding bulan lalu,” kata Usman, salah satu petani melon di Desa Gempolan, Kecamatan Pakel.

Menurut dia, harga melon sekarang sekitar harga Rp 5 ribu per kilogram (kg) dari petani. Waktu panen buah melon selama 60 hari. Satu bulan yang lalu bulan September harga melon sempat rusak karena panen raya buah melon. Akibatnya, harga melon menjadi Rp 1.500 per kg yang membuat petani melon bangkrut. “Harga kembali stabil karena tidak musim panen raya,” tambahnya.

Untuk keuntungannya sangatlah bagus. Dari luas sawah 200 ru tanaman melon, Usman menghabiskan biaya kurang lebih Rp 25 juta. Padahal, keuntungan bersih yang diperolehnya sebanyak Rp 50 juta. Dari tanaman melon, satu batang bisa menghasilkan sebanyak 2-3 buah. Sehingga sekitar sawah 200 ru menghasilkan 10 ton. “Kendala yang dihadapi yakni serangan hama krotol, embun tepung, bundel, maupun kulit kodok. Penyakit ini tetap rentan menyerang meskipun sedang kemarau,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi penyakit yang berpotensi menimbulkan kerugian, dia pun harus dengan teratur menyemprot obat. “Yang pasti harus tetap telaten dan sabar saat menanam melon,” tandasnya.

(rt/rak/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia