Senin, 09 Dec 2019
radartulungagung
icon featured
Blitar

Bupati dan Wabup Tinjau Pelaksanaan Pilkades

16 Oktober 2019, 09: 07: 13 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

LANCAR: Bupati Rijanto mengunjungi pelaksanaan pilkades di Desa Kunir, Kecamatan Wonodadi.

LANCAR: Bupati Rijanto mengunjungi pelaksanaan pilkades di Desa Kunir, Kecamatan Wonodadi.

KANIGORO, Radar Blitar - Bupati Rijanto dan Wakil Bupati (Wabup) Marhaenis Urip Widodo (UW) meninjau beberapa titik pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak, kemarin (15/10).

Saat ditemui dalam kunjungan tersebut, keduanya kompak menyebut pelaksanaan pilkades berjalan lancar.

Bahkan jika dilihat dari beberapa titik kunjungan, antusiasme warga sangat baik. Tidak kalah dengan pemilu beberapa waktu lalu.

BERI SEMANGAT: Wabup Marhaenis UW meninjau pilkades di Desa Wonorejo, Kecematan Talun.

BERI SEMANGAT: Wabup Marhaenis UW meninjau pilkades di Desa Wonorejo, Kecematan Talun.

Diketahui pasangan kepala daerah ini mengunjungi tempat berbeda. Bupati Rijanto mendatangi Blitar barat, seperti Desa Kalipucung, Kecamatan Sanankulon; Desa Pakisrejo dan Karanggayam, Kecamatan Srengat; serta Desa Kunir, Kecamatan Wonodadi.

Wabup Marhaenis UW melakukan pemantauan di wilayah Blitar timur, seperti Desa Wonorejo dan Bendosewu, Kecamatan Talun.

Bupati Rijanto berpesan kepada masyarakat agar pelaksanaan pemilihan diikuti dengan tertib agar tercipta suasana demokrasi, aman, dan lancar.

Selain itu, pria ramah ini mengimbau para calon kepala desa (cakades) yang berkontestasi untuk bersama-sama menjaga suasana kondusif wilayah. "Kami berharap kepada calon kepala desa untuk bisa saling menghargai dan mampu mengendalikan pendukung agar suasana kondusif," tuturnya.

Menurut dia, calon kepala desa adalah figur pemimpin masyarakat. Jadi, harus bisa memberi contoh.

Dari beberapa titik kunjungan, Bupati Rijanto melihat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya sangat tinggi. Diprediksi pemilih yang menggunakan suara dalam pilkades lebih dari 80 persen. Angka itu jauh lebih tinggi dibandingkan pemilu beberapa waktu lalu. “Berharap pilkades serentak ini bisa berjalan baik, lancar, dan menghasilkan figur terbaik yang mampu memimpin desanya," katanya.

Di lokasi berbeda, Wabup Marhaenis UW melihat panitia pilkades sangat siap menyelenggarakan pemilihan. Mulai dari logistik hingga pelayanan saat masyarakat menggunakan hak pilih.

Untuk itu, dia berterima kasih dan menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada semua pihak yang ikut mendukung pilkades serentak. Mulai dari panitia di tingkat desa hingga desk pilkades kabupaten. "Dari pengamatan kami, pilkades berjalan baik, panitia terlihat sigap dan siap menyelenggarakan pemilihan," katanya.

Terkait dengan partisipasi pemilih dalam pilkades ini, wabup mengutarakan hal yang sama dengan bupati.

Di wilayah Blitar timur, antusiasme masyarakat untuk datang ke TPS dan menggunakan suara sangat baik.

Menurut dia, itu sangat wajar. Sebab, mereka akan memilih seorang pemimpin yang setiap saat bersinggungan dengan kebutuhan dan kepentingan mereka. "Hal ini tentu termasuk dalam keberhasilan panitia dan desk pilkades dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat," tuturnya.

(rt/hms/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia