Jumat, 06 Dec 2019
radartulungagung
icon featured
Blitar

Pemkab Blitar Dampingi Puluhan Wirausahawan Peserta Abangwira

24 Oktober 2019, 09: 10: 52 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

INOVATIF: Wabup Blitar Marhaenis Urip Widodo memberikan sambutan dalam rangkaian audisi Abangwira.

INOVATIF: Wabup Blitar Marhaenis Urip Widodo memberikan sambutan dalam rangkaian audisi Abangwira. (AGUS MUHAIMIN/RADAR BLITAR)

KANIGORO, Radar Blitar – Puluhan wirausahawan di Kabupaten Blitar bakal menerima pembinaan khusus dari Pemkab Blitar. Mereka adalah para wirausahawan yang berhasil lolos dalam audisi pengembangan wirausaha (Abangwira). Sebagai final rangkaian seleksi wirausahawan andal di Bumi Bung Karno, kemarin (23/10) digelar inagurasi dan pengukuhan bidang usaha dari para peserta program kewirausahaan tersebut.

Wakil Bupati (Wabup) Blitar Marhaenis Urip Widodo mengatakan, Abangwira merupakan salah satu program untuk mencapai visi misi Pemkab Blitar. Dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari anak muda, ibu rumah tangga, serta difabel. "Kami ucapkan terima kasih kepada dinas koperasi dan usaha mikro. Kami optimistis program ini salah satu sarana membangun Kabupaten Blitar, yakni melalui bidang kewirausahaan," katanya.

Menurut dia, antusiasme masyarakat dalam menyambut program ini sangat baik. Terbukti, ada sekitar 248 wirausaha mengikuti seleksi sekaligus pembinaan ini. Namun, dalam seleksi kini diambil 53 bisnis wirausahawan yang bakal terus didampingi hingga penghujung tahun nanti. “Kami akan usahakan agar program ini bisa dilanjutkan di tahun-tahun berikutnya," katanya.

Pria ramah ini mengungkapkan, Abangwira sejatinya adalah program pembinaan kepada para wirausahawan yang ada di Kabupaten Blitar. Hal ini sekaligus sebagai bukti perhatian dan dukungan pemerintah terhadap para pelaku usaha yang notabene berperan penting dalam pembangunan daerah.

Dalam program ini, kata dia, mereka mengikuti serangkaian kegiatan pelatihan sekaligus penilaian untuk bisa mengikuti tahapan pelatihan berikutnya. "Ada banyak materi yang mereka terima, mulai motivasi hingga wawasan ekonomi, hukum, dalam lingkungan wirausaha. Yang terakhir, mereka diminta menuangkan ide gagasan setelah menerima materi. Ini yang kemudian dinilai para dewan juri dalam program ini," jelasnya.

Dia berpesan agar mereka yang dikukuhkan bisa sejalan beriringan dengan keseriusan pemkab dalam membangun daerah. Artinya, ide dan gagasan yang sudah berhasil membawa mereka sampai pada prosesi pengukuhan ini dijalankan dengan sungguh-sungguh. Sehingga nantinya tidak hanya membawa manfaat bagi dunia wirausaha Blitar, tapi juga berdampak positif di masyarakat luas. "Jangan sia-siakan kesempatan ini. Ikuti dan manfaatkan setiap tahapannya sebagai bekal untuk membangun dan mengembangkan usaha," tuturnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Tuti Komaryah mengatakan, pembinaan yang akan diberikan kepada para wirausahawan ini mulai dari kemasan hingga pemasaran. Disebutkan pula bidang usaha yang digeluti oleh para peserta Abangwira komplet, mulai perdagangan hingga makanan-minuman. “Jadi bukan dalam bentuk dukungan modal,” terangnya.

Dia berharap, nantinya ada koperasi yang dibentuk sebagai wadah untuk berkomunikasi dan sekaligus sarana mengembangkan usaha. Lebih lanjut, dari koperasi itu nanti para wirausahawan mendapat kemudahan dalam permodalan. “Kini pemerintah sudah sangat perhatian dengan usaha kecil. Ada banyak program kredit lunak tidak begitu memberatkan,” tuturnya.

(rt/hms/ang/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia