Senin, 09 Dec 2019
radartulungagung
icon featured
Pendidikan

Jadwal USBN Siswa Kelas XII di Tulungagung Belum Jelas

25 Oktober 2019, 09: 22: 08 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

SERIUS: Siswa kelas X mengikuti KBM biologi di ruang laboratorium biologi SMAN 1 Kedungwaru.

SERIUS: Siswa kelas X mengikuti KBM biologi di ruang laboratorium biologi SMAN 1 Kedungwaru. (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

KOTA, Radar Tulungagung – Waktu yang relatif singkat harus segera dimanfaatkan siswa-siswi kelas XII untuk belajar sungguh-sungguh. Bagaimana tidak, selain menghadapi ujian nasional berbasis komputer (UNBK), siswa kelas XII juga harus menyelesaikan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) sebelum menyelesaikan studi. Meski waktu sudah cukup mepet, hingga kini jadwal resmi USBN belum juga dirilis. “Sementara baru jadwal UNBK saja, untuk USBN belum ada. Padahal ini sudah tinggal berapa bulan lagi,” jelas Waka Bagian Kurikulum SMAN 1 Kedungwaru Wuryantoro.

Pria yang akrab disapa Wur ini mengatakan, melihat dari pengalaman tahun sebelumnya, USBN dilaksanakan awal hingga pertengahan Maret. Ini karena pelaksanaan USBN memakan waktu hampir dua minggu. Sementara tahun ini UNBK dilaksanakan 16 Maret mendatang. Artinya, USBN diperkirakan akan digelar Februari akhir atau awal Maret mendatang. “Bisa-bisa selesai USBN, anak langsung ikut UNBK. Tapi sampai sekarang belum ada info resmi terkait USBN,” imbuhnya.

Meski prosedur operasional standar (POS) USBN belum dirilis, draf tata pelaksanaan USBN secara umum telah dirilis. Dari draf tersebut, mekanisme USBN hampir sama dengan sebelumnya. Salah satunya dengan kembali menerapkan USBN berbasis komputer-smartphone (USBN-BKS). Sebab, jumlah mata pelajaran (mapel) yang diujikan relatif lebih banyak jika dibandingkan UN sehingga kebutuhan penggunaan komputer pun lebih banyak. “Sebenarnya penggunaan smartphone ini hanya untuk backup jika sarana komputer tidak mencukupi,” jelasnya.

Namun, berdasar pengalaman sebelumnya, penggunaan smartphone saat USBN dinilai menyulitkan siswa. Selain tampilan layar relatif lebih kecil, akses jaringan internet pun hanya mengandalkan signal wifi. Sehingga akan menghambat siswa mengerjakan naskah ujian.

Sementara itu, ditemui di tempat berbeda, Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jatim wilayah Tulungagung-Trenggalek Solikin membenarkan adanya jadwal resmi USBN. Untuk itu, dia mengimbau seluruh siswa kelas XII mulai mempersiapkan diri. Sebab jika melihat dari timetable sebelumnya, USBN akan dilaksanakan sebelum UNBK. “Bisa jadi USBN kan Februari. Artinya, kurang tiga atau empat bulan lagi,” jelasnya.

Terkait persiapan sarana prasarana (sarpras), dia mengatakan, dari draf yang disosialisasikan penggunaan smartphone masih diperbolehkan. Sebab, ujian tetap akan dilaksanakan dengan basis digital. Untuk itu, hingga kini pihaknya masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari pemerintah pusat terkait pelaksanaan USBN. 

(rt/nda/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia