Senin, 18 Nov 2019
radartulungagung
icon featured
Blitar

Sidak,Komisi III DPRD Kab.Blitar Temukan Kejanggalan Proyek Kademangan

06 November 2019, 07: 17: 52 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

Sidak,Komisi III DPRD Kab.Blitar Temukan Kejanggalan Proyek Kademangan

 Kademangan, Radar Blitar - Komisi III DPRD Kabupaten Blitar akhirnya turun gunung. Sejumlah ruas jalan di wilayah Blitar selatan menjadi sasaran inspekssi mendadak (sidak). Hasilnya diketahui ada sejumlah ruas jalan yang pembangunannya dinilai sedikit janggal.

" Kami melakukan sidak ini atas laporan dari masyarakat. Baik secara lisan maupun tertulis," kata Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Blitar, Sugianto, disela sela memantau proses pembangunan jalan, selasa (5/10).

Rombongan sidak ini tidak hanya dari unsur wakil rakyat, namun juga ada dinas teknis dalam hal ini dinas pekerjaan umum penataan ruang.

Politisi Gerindra ini menilai ada banyak yang janggal dalam proses pembangunan jalan di Desa Pakisaji dan Desa Sumberjo Kecamatan Kademangan. Jalan yang dibangun dengan struktur beton bertulang ini terlihat rapuh. Sehingga pihaknya merekomendasikan kepada dinas teknis untuk melaksanakan uji laboratorium. 

" Sudah brodol, mungkin campuran materialnya yang kurang ya. Tapi dari pihak suplier mengatakan sudah sesuai. Makanya kami berharap ada uji lab biar jelas," ujarnya.

Menurutnya, pemerintah sudah berupaya memberikan akses jalan atau infrastruktur yang baik kepada masyarakat. Harapannya, pekerjaan dengan anggaran sekitar Rp 800 juta itu selesai dengan hasil yang memuaskan sehingga tidak mengecewakan masyarakat.

" Kami khawatir, dari kondisi yang janggal itu kemudian muncul kerugian negara dikemudian hari. Kalau dari hasil uji lab diketahui memang ada yang tidak sesuai kami berharap bisa segera di tindaklanjuti. Misalnya dengan menambah ruas jalan baru sebagai kompensasi kekurangan itu atau yang lainnya," jelas dia.

Diungkapkan dia, ada banyak laporan yanh saat ini masuk di meja Komisi III. Sayangnya, karena ada banyak tugas legislasi yang lain, sementara inu belum semua laporan tersebut bisa ditindaklanjuti. Kendati begitu Sugianto memastikan komisisi III dewan memiliki komitmen yang kuat dalam mendukung program pemerintah, utamanya dalam bidang pembangunan.

" Kami pastikan disela-sela fungsi legislasi dan budgeting dewan, kami juga akan laksanakan pengawasan di lapangan. Itu juga menjadi bagian dari tugas dewan," pungkasnya. (Hai)

(rt/muh/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia