Rabu, 29 Jan 2020
radartulungagung
icon featured
Blitar

Animasi Bung Karno Koleksi Baru Perpus BK

28 November 2019, 08: 47: 01 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

BERKOMPETEN: Kepala Bidang Pelayanan Informasi dan Kerja Sama UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Agus Sutoyo, saat ditemui, kemarin (5/11).

BERKOMPETEN: Kepala Bidang Pelayanan Informasi dan Kerja Sama UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Agus Sutoyo, saat ditemui, kemarin (5/11). (Whendy Gigih Perkasa/Radar Blitar)

SANANWETAN, Radar Blitar - UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno (Perpus BK), Blitar, menambah koleksi baru. Kali ini, koleksi tak berupa buku, tapi juga audiovisual. Yakni animasi terkait Bung Karno. Yang menarik, dalam animasi tersebut sudah dibuat semenarik mungkin untuk anak-anak. Dengan begitu, mereka bisa belajar siapa itu Bung Karno, termasuk pemikiran-pemikirannya. 

Kepala Bidang Pelayanan Informasi dan Kerja Sama, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Agus Sutoyo menyatakan, penambahan koleksi tersebut merupakan hasil sayembara lomba animasi. Lomba itu sudah sukses digelar Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Dengan hasil itu, akan menambah kekuatan layanan audiovisual Perpustakaan Proklamator Bung Karno. "Film animasi yang berkaitan dengan Bung Karno itu dipersembahkan untuk anak-anak Indonesia, khususnya Jawa Timur," ujarnya, kemarin (5/11).

Menurut Agus, ada pelajaran penting dari animasi tersebut. Terutama bagi anak-anak TK sampai SD. Yakni pengenalan dasar tentang siapa tokoh Bung Karno. Kemasan yang menarik dalam animasi itu bisa memberikan nuansa bagi anak dan pustakawan di Perpustakaan Proklamator Bung Karno. "Nah, inilah yang kami maksud. Ada satu penambahan koleksi dari Perpustakaan Proklamator Bung Karno, khususnya koleksi khusus," jelasnya. 

MENARIK: Beberapa tampilan animasi Bung Karno, kategori best animation dan best story.

MENARIK: Beberapa tampilan animasi Bung Karno, kategori best animation dan best story. (UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno for Radar Blitar)

Meski bentuk koleksi berupa audiovisual, yang diusung tetap sejarah tentang pemikiran Bung Karno. Yakni sejak lahir hingga akhir hayat. 

Bagi anak-anak ataupun pelajar yang ingin melihat dan belajar dengan animasi itu, bisa langsung datang ke Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Pihak perpustakaan juga mendatangi sekolah-sekolah ataupun mengisi kegiatan yang digelar sekolah. Misalnya saat pengenalan siswa baru. Pada saat itu akan diputar animasi Bung Karno. 

Penambahan lain berupa 34.000 eksemplar buku. Pihak perpustakaan juga bakal mengembangkan bangunan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. 

Program lain yang akan dilaksanakan, yakni adanya Bung Karno Corner. Yakni buku Perpustakaan Proklamator Bung Karno dikirim di perguruan tinggi di Blitar Raya. Di sana ditempatkan di rak khusus. Dalam waktu tertentu, buku akan di-rolling dengan perguruan tinggi lainnya. Tak hanya di perguruan tinggi, tapi juga sekolah dan instansi. Tentunya, ini akan semakin menggairahkan minat baca masyarakat.

Sementara itu, Perpustakaan Proklamator Bung Karno juga menggelar Bimbingan Teknis Tenaga Pengelola Perpustakaan Seluruh Provinsi di Indonesia. Kegiatan itu dilaksanakan kemrin hingga hari ini di Grand Mansion Hotel. (adv/ed/wen)

(rt/whe/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia