Rabu, 29 Jan 2020
radartulungagung
icon featured
Blitar

UPT Perpus BK Gali Pemikiran Bung Karno,Talk Show dengan Anand Krishna

28 November 2019, 09: 15: 27 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

SINERGI: Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Janti Suksmarini, memberikan cenderamata kepada Anand Krishna.

SINERGI: Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Janti Suksmarini, memberikan cenderamata kepada Anand Krishna. (WHENDY GIGIH PERKASA/RADAR BLITAR)

SANANWETAN, Radar Blitar - Talk show bersama Anand Krishna digelar di Amphi Teater UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, kemarin (11/10). Yakni bertema Bersama Bung Karno Menggapai Jiwa Merdeka. Acara tersebut dalam rangka pemasyarakatan dan sosialisasi Perpustakaan Proklamator Bung Karno.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 600 peserta. Terdiri atas kepala organisasi perangkat daerah (OPD), guru, tokoh masyarakat, tokoh agama, budayawan, mahasiswa, pelajar, serta tamu undangan lainnya. Ini terselenggara atas kerja sama UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno dengan Anand Ashram Foundation.

Anand Krishna merupakan seorang penulis yang sudah melahirkan ratusan buku. Salah satunya berjudul Bersama Bung Karno Menggapai Jiwa Merdeka. Dalam buku itu juga diceritakan semangat Bung Karno dalam memerdekakan Indonesia. Inilah yang harus digali dan hanya bisa diperoleh dengan cara membaca serta memahaminya. Buku-buku karya Anand Krishna juga menjadi koleksi di Perpustakaan Proklamator Bung Karno .     

Dalam talk show tersebut, Anand Krishna menceritakan banyak hal tentang Bung Karno. Termasuk mengapa harus menggali pemikirannya. Nah, pria kelahiran Solo, Jawa Tengah itu juga memberikan contoh kepada para peserta, salah satunya dalam Pancasila, Bung Karno menggunakan istilah Ketuhanan. “Ini merupakan sifat Tuhan. Jadi, sifat-sifat Ketuhanan yang ada dalam diri kita, bukan Tuhan secara personal,” jelas Anand Krishna saat menyampaikan materi.

Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Janti Suksmarini menyatakan, dengan adanya talk show tersebut, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno berusaha menggali pemikiran-pemikiran Bung Karno, termasuk yang ada di perpustakaan. Pemikiran Bung Karno itu adalah nasionalisme, patriotisme, dan Indonesia ke depan.

Wanita berhijab itu melanjutkan, tema tersebut sengaja dipilih karena sebagai generasi penerus, akan berusaha mengisi kemerdekan. “Mengisi Indonesia yang kita cintai, dengan jiwa persatuan kesatuan, patriotisme, serta tentang nasionalisme Indonesia ke depannya,” jelasnya.

Dia pun berharap, koleksi Perpustakaan Proklamator Bung Karno bisa dibaca dan dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia. Koleksi itu bukan hanya milik masyarakat Kota ataupun Kabupaten Blitar, melainkan seluruh Indonesia yang harus menggali pemikiran-pemikiran Bung Karno.

Dalam talk show itu, para peserta juga diberi waktu untuk bertanya langsung kepada pemateri, yakni Anand Krishna. Tentu saja ini dimanfaatkan dengan baik sehingga suasana lebih komunikatif. 

(rt/whe/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia