Rabu, 29 Jan 2020
radartulungagung
icon featured
Blitar

UPT Perpus BK Gelar Lomba Menghafal Biografi Bung Karno

28 November 2019, 09: 17: 49 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

SIMBOLIS: Plt Wali Kota Blitar Santoso memukul gong sebagai tanda dimulainya lomba menghafal biografi Bung Karno, Rabu (23/10).

SIMBOLIS: Plt Wali Kota Blitar Santoso memukul gong sebagai tanda dimulainya lomba menghafal biografi Bung Karno, Rabu (23/10). (WHENDY GIGIH PERKASA/RADAR BLITAR)

SANANWETAN, Radar Blitar - Lomba menghafal biografi Bung Karno sukses digelar Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Blitar. Yakni pada Rabu (23/10) hingga kemarin (24/10). Acara itu terselenggara atas kerja sama pihak perpustakaan dengan Pemkot Blitar. Plt Wali Kota Blitar Santoso membuka langsung perlombaan itu.

Lomba dilaksanakan di Amphiteater Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Total ada 49 peserta yang merupakan pelajar SMP/MTs negeri ataupun swasta se-Jawa Timur. Lomba yang juga untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober tersebut bertema Dengan Semangan Sumpah Pemuda, Kita Wujudkan Generasi Milenial Berkepribadian dalam Kebudayaan Indonesia.

Para peserta yang meraih juara dalam lomba itu sudah diumumkan kemarin. Yakni juara I, Aisya Cahyaning Saputri, MTsN 2 Kota Blitar; juara II, Rasiqo Annisa Thohira, SMPN 1 Kabupaten Pacitan; juara III, Aniza Helwa Mahanani, SMPN 2 Wlingi Kabupaten Blitar.

SELAMAT: Para pemenang lomba menghafal biografi Bung Karno foto bersama Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Janti Suksmarini (tengah) dan para juri, kemarin.

SELAMAT: Para pemenang lomba menghafal biografi Bung Karno foto bersama Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Janti Suksmarini (tengah) dan para juri, kemarin. (WHENDY GIGIH PERKASA/RADAR BLITAR)

Juara harapan I, Aurania Azzahrah, MTsN 3 Kabupaten Malang; juara harapan II, Santun Setya Bekti, SMPN 1 Pule Kabupaten Trenggalek, dan juara harapan III, Mahmudah, SMPN 8 Kota Pasuruan.  

Plt Wali Kota Blitar Santoso mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurut dia, lomba menghafal biografi Bung Karno dimaksudkan agar anak-anak memiliki kegemaran membaca. “Yang akhirnya bisa belajar sejarah Bung Karno, perjuangan Bung Karno, dan sebagainya,” ujarnya.

Dengan begitu, lanjut Santoso, bisa menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dan patriotisme terhadap tokoh nasional. Tokoh tersebut tak lain adalah Bung Karno yang tak hanya dikenal di dalam negeri, tapi juga luar negeri. “Itu karena kepandaiannya (Bung Karno, Red) dalam menyikapi segala permasalahan,” jelasnya.

Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando dalam sambutannya juga memberikan apresiasi kepada Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Blitar. Sebab, lomba menghafal biografi Bung Karno sudah berjalan kali kelima yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Tak hanya itu, lingkup kegiatan juga semakin besar. Mulai karesidenan, hingga tahun ini tingkat provinsi. “Saya harap tahun depan bisa tingkat nasional,” ujarnya.

Pria kelahiran Sulawesi Selatan itu melanjutkan, untuk ke depannya juga diharapkan bisa dilaksanakan lomba pidato ilmiah. Yakni tentang riwayat perjuangan Bung Karno.

Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Janti Suksmarini mengatakan, lomba bertujuan agar generasi muda mengenal perjalanan hidup Bung Karno. Dengan begitu, diharapkan generasi muda bisa mendalami pemikiran-pemikiran Bung Karno. “Untuk memotivasi pelajar agar ke depannya punya cita-cita yang kuat, harus melalui proses. Proses perjuangan yang sangat gigih, seperti Bung Karno memperjuangkan Republik Indonesia ini,” ujarnya kemarin.

Wanita ramah ini melanjutkan, bagi pemenang lomba, itu merupakan penghargaan dari kerja keras. Namun, bukan berarti perjuangan lantas berhenti. Sebab, itu merupakan sebuah jalan menuju sukses.

Bagi peserta yang belum berhasil menang, jadikan itu sebagai motivasi untuk terus bersemangat. Yakni dalam mencapai keinginan dan keberhasilan. “SUKSES lah (SUKa berproSES) kalian agar bisa sukses,” pungkasnya. (adv/ed/wen)

(rt/whe/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia