Rabu, 29 Jan 2020
radartulungagung
icon featured
Blitar

RS Syuhada Haji Blitar Resmikan Poli Kesehatan Haji

08 Desember 2019, 20: 18: 47 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

SEMOGA MANFAAT: Dari kiri, Rofiut Darojat, dr Kuspardani, dr Mafrurrochim Hasyim, Rusdi Riyanto, dr Muchlis, KH Abdul Karim M., Zen Amirudin, dan Zaenal Effendy, menggunting pita peresmian poli kesehatan haji.

SEMOGA MANFAAT: Dari kiri, Rofiut Darojat, dr Kuspardani, dr Mafrurrochim Hasyim, Rusdi Riyanto, dr Muchlis, KH Abdul Karim M., Zen Amirudin, dan Zaenal Effendy, menggunting pita peresmian poli kesehatan haji.

SUKOREJO, Radar Blitar — Kini para calon jamaah haji ataupun umrah tak perlu jauh-jauh untuk suntik meningitis. Sebab, Rumah Sakit (RS) Syuhada Haji, Blitar, sudah punya poli khusus yang menangani kesehatan jamaah haji dan umrah. 

Poli kesehatan haji yang berada di Jalan Lekso Blitar itu baru saja di-launching pada Sabtu (7/12). Peresmian poli tersebut bersamaan dengan Haul Ke-45 RS Syuhada Haji plus sarasehan yang membahas tentang regulasi menstruasi untuk ibadah. 

Launching digelar di Gedung Maskeliya sekitar pukul 08.00. Sejumlah tokoh agama dan pejabat di lingkup Pemkot Blitar dan Pemkab Blitar hadir dalam acara tersebut. Di antaranya Rais Syuriah PCNU Kota Blitar KH Abdul Karim M., Ketua PDM Muhammadiyah Kota Blitar Rusdi Riyanto, Muslimat NU, Kemenag Kota/Kabupaten, Aisyiyah, dan lainnya. 

GAMBLANG: Hj Muthomimah Yasin Yusuf dan dr Djamil Suherman (paling kanan) jadi narasumber yang dipimpin Direktur RS Syuhada Haji dr Mafrurrochim Hasyim.

GAMBLANG: Hj Muthomimah Yasin Yusuf dan dr Djamil Suherman (paling kanan) jadi narasumber yang dipimpin Direktur RS Syuhada Haji dr Mafrurrochim Hasyim.

Hadir juga Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar dr Muchlis dan Kepala Dinkes Kabupaten Blitar dr Kuspardani. Ada juga perwakilan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Probolinggo Rofiut Darojat, Pembina RS Syuhada Haji Blitar Zen Amirudin, dan lainnya. 

Direktur RS Syuhada Haji Blitar dr Mafrurrochim Hasyim mengatakan, poli kesehatan haji tersebut merupakan salah satu terobosan besar. Manajemen dan pengurus RS Syuhada Haji perlu untuk menyediakan poli kesehatan haji. Dengan harapan, bisa melayani dan mendekatkan dengan calon jamaah haji. “Selama ini harus ke Malang atau kota besar lainnya jika ingin vaksin meningitis. Nah, sekarang di Kota Blitar sudah ada poli yang menangani vaksin meningitis. Yakni di kompleks RS Syuhada Haji Blitar, tepatnya di depan kantor atau gedung Adams Peak,” katanya. 

Di poli kesehatan haji, lanjut Mafrurrochim Hasyim, sudah lengkap. Gedung atau ruangannya representantif dan parkir yang luas, juga ditangani tenaga andal. Di antaranya empat dokter, dua bidan, dan tiga administrasi. 

Terkait pelayanan, sudah pasti jempol. Karena rumah sakit yang didirikan untuk mengenang pengorbanan para syuhada haji Blitar yang meninggal saat pesawat jatuh di pegunungan Maskeliya, Kolombo, Sri Lanka itu sudah dibekali dengan wawasan dan pengetahuan khusus. “Insyaallah terlayani dengan baik. Ini juga sebagai bentuk pelayanan kami kepada calon jamaah haji dan umrah yang hendak menjalankan perintah agama ke Tanah Suci,” katanya lagi. 

Selain meresmikan poli kesehatan haji, juga ada sarasehan soal regulasi menstruasi untuk ibadah haji dan umrah. Ada dua narasumber. Yakni dr Djamil Suherman, SpOG dan Hj Muthomimah Yasin Yusuf. Sebelumnya juga diserahkan berkas persetujuan pelaksanaan vaksinasi internasional dan penerbitan sertifikat vaksinasi internasional bernomor SR.03.03/1/2319/2019 dari KKP Probolinggo kepada Direktur RS Syuhada Haji Blitar dr Mafrurrochim Hasyim. 

(rt/whe/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia