Rabu, 26 Feb 2020
radartulungagung
icon featured
Pendidikan

Prestasi SMKN 1 Kademangan, Kabupaten Blitar, Semakin Membanggakan

Juara Umum Gerak Jalan Bakung-Lodoyo

16 Desember 2019, 16: 57: 05 WIB | editor : Didin Cahya FS

HEBAT: Sangga (pleton) putri SMKN 1 Kademangan saat mengikuti gerak jalan tradisional pramuka Bakung-Lodoyo 2019.

HEBAT: Sangga (pleton) putri SMKN 1 Kademangan saat mengikuti gerak jalan tradisional pramuka Bakung-Lodoyo 2019. (SMKN 1 KADEMANGAN FOR RADARTULUNGAGUNG.ID)

Gerak jalan tradisional Pramuka Bakung-Lodoyo 2019 meninggalkan kesan manis bagi SMKN 1 Kademangan. Siswa yang terlibat dalam event bergengsi itu mampu meraih hasil memuaskan. Yakni juara I umum putri, juara II umum putri, dan juara harapan I umum putra. Dengan hasil itu, predikat sebagai juara umum berhasil dipertahankan.

WHENDY GIGIH PERKASA, Kademangan, Radar Blitar

Ada empat sangga (peleton) yang dikirim pihak sekolah untuk ikut gerak jalan Pramuka Bakung-Lodoyo tahun ini. Empat sangga itu terdiri atas dua sangga putri dan dua sangga putra. Setiap sangga ada 10 siswa. Artinya, ada 40 siswa pilihan yang ikut gerak jalan tersebut. Mereka merupakan siswa kelas X dan XI.

BENTUK KARAKTER SISWA: Tim visitasi bersama dewan guru dan siswa SMKN 1 Kademangan foto bersama.

BENTUK KARAKTER SISWA: Tim visitasi bersama dewan guru dan siswa SMKN 1 Kademangan foto bersama.

Lomba digelar 22 November lalu. Bupati Blitar Rijanto memberangkatkan peserta dari garis start. Yakni Lapangan Bakung. Begitu juga saat finish di Alun-alun Lodoyo. Bupati menyambut langsung. Total ada 110 sangga putra dan 41 sangga putri. Mereka tak hanya dari Blitar, tapi juga daerah lain.

Dengan jumlah peserta itu, persaingan menjadi lebih ketat. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi pleton dari SMKN 1 Kademangan. “Jarak tempuh sekitar 32,5 kilometer. Sangga putra berangkat dahulu, disusul putri,” kata Waka Kesiswaan SMKN 1 Kademangan, Arif Eko Setiawan.

Start dimulai sekitar pukul 18.30. Otomatis, seluruh peserta berselimut malam sepanjang rute perjalanan lomba. Tak hanya sekadar gerak jalan. banyak hal yang menjadi perhatian juri untuk penilaian. Di antaranya ketepatan waktu, materi kepramukaan, persatuan baris-berbaris (PBB), giat kepramukaan, scoot uniform (seragam), administrasi, dan lainnya. Dalam perjalanan ada tiga pos. Yakni PBB, mengerjakan soal kepramukaan, dan pos istirahat.

Arif mengatakan, anak didiknya mampu menyelesaikan lomba dengan baik. Meski harus berjalan kaki puluhan kilometer, mereka tetap bersemangat. Termasuk menyelesaikan tantangan di setiap pos. Itu tak lepas dari persiapan matang yang dilakukan. “Persiapan sekitar dua bulan sebelum lomba,” ujarnya.

Persiapan diawali dengan seleksi ketat. Total sekitar 80 siswa diseleksi. Ternyata hanya separonya yang dinyatakan memenuhi kriteria. Nah, selama program persiapan itu, latihan dilakukan tiga sampai empat kali seminggu. Tentu saja, jadwal harus diatur agar tidak mengganggu jam pelajaran di kelas. Latihan tak hanya siang, ada empat kali latihan malam yang dilakukan. Tujuannya, agar siswa lebih siap dan ada penyesuaian. Sebab, lomba memang dilaksanakan malam hari. “Kami sempat latihan dengan berjalan 35-36 kilometer. Rute juga disesuaikan,” kata Arif lagi.

Pihak sekolah, lanjut pria ramah itu, juga memperhatikan kondisi siswa. Termasuk psikologis. Tim pendamping selalu membantu siswa. Begitu juga dengan stamina. Ada hal-hal yang diterapkan tim pendamping. Di antaranya kontrol pola makan siswa, jaga asupan gizi, dan memberikan suplemen.

SMKN 1 Kademangan bersemangat ikut gerak jalan tradisional Pramuka Bakung-Lodoyo. Sebab, hal itu bisa menjadi persiapan fisik dan mental siswa. “Fisik dan mental siswa lebih matang. Termasuk ketika nanti masuk dalam dunia kerja,” jelas Waka Humas SMKN 1 Kademangan, M. Taufik Hidayat.

Amelia Diana Putri, salah seorang peserta menceritakan, semangat kebersamaan terasa lebih kuat saat lomba. Semua saling mendukung agar tetap bersemangat sampai finish. “Semangat corsa kami benar-benar terasa. Semua bisa bersatu,” ungkapnya.

Siswa kelas XI jurusan bisnis daring dan pemasaran itu tidak menyangka bisa meraih juara. Sebab, ketika berlatih merasa kurang greget. “Latihan sepertinya kurang serius. Tapi saat lomba, kami bisa yakin, semangat, bersatu,” jelasnya.

School Religius Culture (SRC)

Sebagai sekolah kejuruan unggulan, SMKN 1 Kademangan juga banyak memiliki program berkualitas untuk pembentukan karakter. Salah satunya School Religius Culture (SRC). Program ini sudah berjalan baik di sekolah tersebut.

Waka Humas SMKN 1 Kademangan, M. Taufik Hidayat menyatakan, SRC juga merupakan terobosan dari Kepala SMKN 1 Kademangan, Yulianto.

Salah satu yang menarik dalam SRC adanya bengkel karakter. Yakni menata karakter anak yang bermasalah. Ini bisa dilakukan dengan salat rutin, mengaji, dan menjadi takmir masjid. Dengan begitu, bisa menjadi obat bagi anak yang memang perlu pembinaan khusus. SRC juga tak hanya berdampak positif bagi siswa. Guru juga ikut merasakan.  

Dalam SRC itu juga terdapat beragam kegiatan yang berhubungan erat dengan keagamaan. Di antaranya penerapan senyum sapa salam sopan dan santun, memulai kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan membaca kitab suci, lomba baca tulis Alquran, hafalan Alquran, lomba nasyid, debat PAI, dan pidato.

Kegiatan lainnya, yakni peringatan hari besar Islam, seperti Maulid Nabi, Pondok Ramadan, dan sebagainya. Semua diikuti siswa, termasuk salat Jumat di masjid sekolah. “Ada juga ekstrakurikuler hadrah, seni baca Alquran, mengaji, dan sebagainya,” kata Taufik.

Dia melanjutkan, SRC ini sudah mendapat visitasi dari tim penilai. Tim tersebut telah datang ke sekolah pada Senin, 18 November lalu. Dari evaluasi yang dilakukan tim penilai, SRC dinyatakan program berkualitas. Terutama untuk mendidik akhlak siswa.

SMKN 1 Kademangan juga telah memiliki gedung bisnis center. Sekolah ini juga menjadi rujukan sekolah lain berkaitan dengan jurusan bisnis. Nantinya, gedung bisnis center bakal dikelola koperasi sekolah untuk memasarkan produk siswa sesuai dengan jurusan.

(rt/whe/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia