Rabu, 26 Feb 2020
radartulungagung
icon featured
Pendidikan

Dies Natalis Ke-42 SMKN 1 Pogalan, Membangun Asa Bersama Alumni

23 Desember 2019, 09: 07: 38 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

SIMBOLIS: Kepala SMKN 1 Pogalan Dra Sriatiningsih dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Trenggalek Solikin saat prosesi potong tumpeng.

SIMBOLIS: Kepala SMKN 1 Pogalan Dra Sriatiningsih dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Trenggalek Solikin saat prosesi potong tumpeng.

POGALAN, Radar Trenggalek – Tema peringatan hari lahir atau dies natalis “Membangun Asa Bersama Alumni” di SMKN 1 Pogalan, salah satu usaha mewujudkan siswa SMKN 1 Pogalan berjiwa wirausaha dan memiliki kesiapan untuk memasuki dunia kerja dan atau mengembangkan usaha mandiri. Diharapkan dengan kisah sukses alumnus, dapat menginspirasi siswa-siswi dalam menyongsong masa depan.

Kepala SMKN 1 Pogalan Dra Sriatiningsih, MPd, mengungkapkan, Dies Natalis Ke-42 SMKN 1 Pogalan mengangkat tema yang berbeda dari tahun-tahun terdahulu. Ide mengangkat tema “Membangun Asa Bersama Alumni” berawal dari proses legalisasi para alumnus. Diketahui banyak eks pelajar SMKN 1 Pogalan yang dulu bernama SMEA Negeri 1 Pogalan menjadi orang sukses. Semisal, ada yang pernah menjabat sebagai kepala dinas pendidikan di Kabupaten Trenggalek, pegawai fungsional di instansi-instansi pemerintahan, eksportir ikan, dan pengusaha sukses lainnya.

“Kami mengundang para alumni dengan tujuan membangun asa bersama alumni. Maksudnya, dari alumni yang berhasil, menjadi pejabat, dan sebagainya, bisa menginspirasi para lulusan baru,” ungkap Kepala SMKN 1 Pogalan.

TIFANA: Kepala SMKN 1 Pogalan Dra Sriatiningsih, MPd,  mendampingi Kasi Kurikulum bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Drs Hari Triono, MM, Meninjau Tifana SMK Negeri 1 Pogalan.

TIFANA: Kepala SMKN 1 Pogalan Dra Sriatiningsih, MPd, mendampingi Kasi Kurikulum bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Drs Hari Triono, MM, Meninjau Tifana SMK Negeri 1 Pogalan.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah Kabupaten Tulungagung-Trenggalek Solikin, SPd, MPd, mengapresiasi Dies Natalis Ke-42 SMKN 1 Pogalan. Karena dengan mengundang para alumni, bisa terjalin komunikasi dan memberikan semangat baru. "Harapannya, para alumni dapat memberikan motivasi. Alumni yang punya perusahaan pun bisa menarik adik-adik angkatan," ujar Solikin.

Acara dies natalis kemarin meriah dengan berbagai kegiatan, mulai dari senam bersama, jalan sehat, pentas seni, donor darah, dan bazar dari kelas kewirausahaan siswa-siswi SMKN 1 Pogalan. Acara semakin meriah dengan hadirnya alumnus yang punya berbagai talenta. 

Supriyanto, salah satu alumni tahun angkatan 1977 mengatakan, ke depannya, dari dies natalis ini terus menghasilkan ikatan eks pelajar SMKN 1 Pogalan. Agar para alumnus merasa memiliki tanggung jawab dengan nasib para adik-adiknya. Sehingga meminimalisasi kebingungan adik-adiknya usai lulus dari SMKN 1 Pogalan dan dapat mewadahi mereka dengan membantu membuka lapangan pekerjaan dan atau menjadi tenaga kerja.

Alumnus SMKN 1 Pogalan angkatan 1985, Musyafak mengungkapkan, dengan menjalin komunikasi dengan para alumnus eks SKMN 1 Pogalan, dapat mengantarkan sekolah ke arah yang semakin maju dan jaya. Komunikasi itu dapat membentuk dan mengembangkan wawasan adik-adik tingkat tentang dunia kerja. Sehingga mereka dapat berkarir di pemerintahan, pengusaha, maupun karyawan swasta. 

SMK Negeri 1 Pogalan yang dulu bernama Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) Negeri 1 Pogalan berdiri tahun 1977. 

SMK Negeri 1 Pogalan memiliki delapan kompetensi keahlian, yaitu Teknik Komputer dan Jaringan, Multimedia, Tata Boga, Tata Busana, Tata Kecantikan Kulit dan Rambut, Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, serta Bisnis Daring Pemasaran. SMK Negeri 1 Pogalan sebagai SMK pertama di Kabupaten Trenggalek semakin menunjukkan eksistensinya sehingga Bank Indonesia (BI) memberikan fasilitas BI Corner kepada perpustakaan SMK Negeri 1 Pogalan.

Sekolah ini juga melaksanaan model pembelajaran teaching factory untuk membekali para lulusan dengan kompetensi teknis yang utuh dan riil dan kinerja yang sesuai kebutuhan dunia kerja, berjiwa wirausaha, serta memiliki kesiapan untuk memasuki dunia kerja. Pada bulan November 2019, telah di-launching teaching factory paket keahlian tata busana dengan nama ’Tifana‘,” ungkap Kepala SMK Negeri 1 Pogalan Dra Sriatiningsih, MPd.

Prestasi akademik siswa pun layak diapresiasi. Pada bulan Desember ini, tiga siswa berhasil menjadi nominator Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Wilker 3 Jatim 2019, yaitu bidang lomba: Bilingual Secretary a.n. Ika Rahayu Puspaningrum (XII OTKP1), IT/Networking Administration a.n. Muhammad Isnu Nasrudin (XII TKJ 2), dan Accounting a.n. Azizah Nurrohmah (XII AKL 1).

(rt/pur/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia