Rabu, 29 Jan 2020
radartulungagung
icon featured
Trenggalek

Pelayanan Online Terkendala Jaringan Tak Stabil

06 Januari 2020, 16: 32: 16 WIB | editor : Andrian Sunaryo

Pelayanan Online Terkendala Jaringan Tak Stabil

KOTA, Radar Trenggalek – Pemkab harus segera memperbaiki masalah jaringan telekomunikasi yang ada di wilayahnya. Pasalnya, masalah jaringan kerap menjadi kendala utama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Seperti yang dialami pelayanan jemput bola administrasi kependudukan dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dispendukcapil).

Mengingat layanan jemput bola tersebut, salah satunya sistem informasi kependudukan desa (Sikuda) dilakukan secara online. Sehingga cepat atau lambatnya jaringan yang ada sangat memengaruhi proses pelayanan yang nantinya diberikan. "Jadi dengan belum tersedianya jaringan yang baik, berarti ketika ada masalah, masyarakat harus menunggu lebih lama lagi," ungkap Kepala Dispendukcapil Joko Wasono.

Dia melanjutkan, selain itu, masalah jaringan yang tak stabil di berbagai daerah seperti pegunungan kerap mengganggu ketika petugas melakukan kegiatan perekaman jemput bola. Sehingga di beberapa daerah yang belum tersedia jaringan dengan baik, pelayanan dilakukan secara offline. Data perekaman yang ada nantinya disimpan pada memori perangkat yang dibawa petugas. "Jadi jika itu terjadi, baru memori itu dibuka dan dicocokkan secara online ke server pusat. Itu untuk memastikan ketunggalan datanya," ujarnya.

Untuk itu, diharapkan pemkab dan pihak terkait mengatasi masalah jaringan tersebut sehingga bisa diakses di berbagai tempat. Ini perlu dilakukan untuk menghindari praktik percaloan pada pengurusan pelayanan administrasi kependudukan. Dengan pelayanan jemput bola tersebut, seperti Sikuda dan sebagainya, proses percetakan untuk beberapa kelengkapan tertentu bisa dilakukan di tempat. Sedangkan untuk beberapa kelengkapan seperti e-KTP dan KK, harus dilakukan di kantor dispendukcapil.

Namun, dalam hal ini, jika kepengurusannya dilakukan di desa, bisa dilakukan secara kolektif. Dengan cara petugas yang ditunjuk membawa seluruh kepengkapan berkas ke kantor dispendukcapil. "Semoga saja ke depan jaringan semakin bagus hingga pelayanan yang dilakukan semakin mudah dan masyarakat pun nyaman," jelas Joko. (*)

(rt/zak/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia