Rabu, 29 Jan 2020
radartulungagung
icon featured
Trenggalek

Dukung E-Government dan Pariwisata, Wagub Jatim Kunjungi Prigi

11 Januari 2020, 08: 15: 59 WIB | editor : Andrian Sunaryo

MENINJAU : Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak mengunjungi tempat wisata di Prigi yang dibangun Pemkab Trenggalek

MENINJAU : Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak mengunjungi tempat wisata di Prigi yang dibangun Pemkab Trenggalek (ZAKI JAZAI/RADAR TRENGGALEK)

WATULIMO, Radar Trenggalek – Pemkab Trenggalek benar-benar melakukan berbagai kegiatan sesuai tema pembangunan tahun 2020, yaitu e-government dan pariwisata. Buktinya, kini pemkab telah membangun berbagai tempat wisata agar lebih menarik, salah satunya kawasan Pantai Prigi 360.

Selain disuguhkan tempat wisata indah dan nyaman, di lokasi tersebut juga terdapat proses pembudi daya udang vannamei yang menjadi percontohan pembudi daya lain di seluruh nasional. Tak ayal, hal tersebut mendapat perhatian lebih dan dukungan dari Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak. "Saya sangat mendukung hal ini. Sebab, Pak Presiden mementingkan konsep aquaculture sehingga selain pembudi daya di batas air laut, juga dilakukan seperti ini (tambang udang vannamei, Red)," ungkap Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak saat berkunjung ke Trenggalek, kemarin (10/1).

Mantan bupati Trenggalek ini melanjutkan, apalagi di pesisir pantai selatan Jatim termasuk Trenggalek, memiliki anugerah air laut yang kualitasnya sangat baik. Sebab, pada bisnis tambak udang, yang paling penting adalah mengelola airnya. Sehingga dengan pengelolaan yang baik, maka menghasilkan tambak terbaik. Karena itu, sejak dulu dirinya mengusulkan lokasi tersebut menjadi destinasi eduwisata. "Makanya saya akan terus mendorong agar ada pengembangan ekonomi rakyat berbasis udang vannamei," katanya.

Selain itu, di lokasi yang berdekatan, ketika mengunjungi Taman Prigi 360 yang baru selesai dibangun, Emil akan menggandeng berbagai pihak untuk proses pengembangan ekonomi berbasis pariwisata. Hal itu sejalan dengan konsep yang dijalankan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sehingga melakukan pembangunan di kawasan Pantai Prigi untuk mengangkat perekonomian masyarakat setempat. "Jadi setelah pembangunan ini nanti, saya berharap agar kelanjutan pembangunan yang dilakukan pemkab berdasarkan standar Kementerian PUPR," jelasnya.

Sementara itu, Sekda Trenggalek Joko Irianto menambahkan, pemkab akan menggelontorkan anggaran ke dinas pariwisata dan kebudayaan (disparbud) untuk proses pemeliharaannya. Nantinya apa yang sudah dibangun tersebut akan tetap terjaga keindahannya agar bisa meningkatkan pariwisata di Trenggalek. "Langkah awal yang akan kami ambil adalah membangun saluran resapan air karena sementara ini belum ada," katanya. (*)

(rt/zak/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia