Rabu, 29 Jan 2020
radartulungagung
icon featured
Tulungagung

SMKN 1 Pagerwojo Rayakan HUT Ke-13

Diisi Berbagai Acara Bermanfaat

13 Januari 2020, 08: 37: 31 WIB | editor : Andrian Sunaryo

IKONIK: Penandatangan prasasti peresmian Masjid Nurul Huda dan koin NU oleh Bupati Tulungagung.

IKONIK: Penandatangan prasasti peresmian Masjid Nurul Huda dan koin NU oleh Bupati Tulungagung. (MUHAMMAD ZAKA DWI ARIFTA/RATU)

PAGERWOJO, Radar Tulungagung – Hari ulang tahun (HUT) merupakan momen yang wajib dimeriahkan oleh siapa pun. Tak terkecuali instansi sekolah. Dalam merayakan ulang tahunnya, SMKN 1 Pagerwojo atau beken disebut SMK Super itu sukses menyelenggarakan rangkaian acara dalam rangka menyemarakkan 13th Anniversary (HUT ke-13). Kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu minggu, dimulai sejak 6 hingga 11 Januari.

Kepala SMKN 1 Pagerwojo Mulyo Hartanto, melalui Wakil Kepala Bidang Kesiswaan (Wakasiswaan) Helmi Sanjaya mengatakan, sebenarnya rangkaian acara HUT Ke-13 SMKN 1 Pagerwojo terdiri kurang lebih 18 acara. Keseluruhan acara tersebut terbagi dalam 7 hari. Namun, terdapat momentum yang paling ramai yakni kegiatan pada Rabu (8/1). Rangkaian kegiatan hari itu adalah pengajian Muslimat NU se-Tulungagung, sekaligus dihadiri Bupati Tulungagung Maryoto Birowo. “Selain pengajian muslimat NU, terdapat juga job fair, launching kelas industri, launching koin NU, peresmian Masjid Nurul Huda, dan Ma’had Nurul Ilmi,” sebutnya.

Kegiatan job fair berfungsi memberikan peluang bagi siswa yang akan lulus untuk memperoleh peluang lapangan pekerjaan sesuai bidang yang ditekuni. Kegiatan itu diikuti siswa SMKN 1 Pagerwojo dan sekolah lain. Sedangkan pembukaan kelas industri bisa memberikan pelatihan langsung pada anak-anak melalui pelaku industri yang bekerja sama dengan SMKN 1 Pagerwojo. “Dari kegiatan ini, diharapkan anak-anak dapat bergabung dengan perusahaan mereka. Selain itu, para guru juga dapat menjalani pelatihan dari pihak industri,” ungkapnya.

TRANSFUSI : Partisipasi donor darah siswa SMKN 1 Pagerwojo, Selasa (7/1).

TRANSFUSI : Partisipasi donor darah siswa SMKN 1 Pagerwojo, Selasa (7/1). (MUHAMMAD ZAKA DWI ARIFTA/RATU)

Sedangkan ketika ditanya terkait fungsi program Kotak Infaq Nahdlatul Ulama (Koin NU), pria ramah ini mengatakan, program itu merupakan kerja sama pihak sekolah dengan NU Tulungagung. Setelah diresmikan Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, nantinya program ini diharapkan dapat menghimpun dana masyarakat. “Dengan dana yang terhimpun tersebut, akan dipergunakan untuk kebutuhan sosial,” ungkapnya

Kemudian, lanjut dia, prasasti peresmian Masjid Nurul Huda telah ditandatangani oleh bupati Tulungagung. Begitu juga Ma’had Nurul Ilmi yang telah diresmikan melalui peletakan batu pertama Bupati Tulungagung Maryoto Birowo. Kegiatan tersebut bermaksud mengajak seluruh elemen SMKN 1 Pagerwojo lebih meningkatkan ibadah. Serta memfungsikan ma’had sebagai wadah pembinaan siswa dalam pengembangan ilmu agama Islam. “Kami sangat berterima kasih kehadiran bapak bupati kemarin. Semoga peresmian masjid dan pembangunan ma’had berguna bagi siswa didik SMKN 1 Pagerwojo maupun lainnya,” ungkapnya.

Helmi mengatakan, rangkaian acara tersebut sudah berlangsung mulai Senin 6 Januari 2020. Di antaranya dibuka dengan kegiatan baris kreasi, pentas seni, bazar, servis sepeda motor gratis, dan potong rambut gratis. Kemudian pada Selasa (7/1) terdapat perlombaan hadrah dan salawat, serta dilanjutkan dengan kegiatan donor darah. “Kedua hari itu merupakan pembukaan semua rangkaian. Terlihat antusiasme siswa-siswi dalam mengikuti acara rangkaian HUT ke-13 tersebut.” katanya.

Keesokan hari setelah kehadiran Bupati Maryoto Birowo, yakni Kamis (9/1) diadakan kontes modifikasi sepeda motor. Kontes tersebut diikuti pelajar dari berbagai sekolah. Tujuannya, menguji kreativitas siswa dalam mengubah dan memperbarui kendaraan ringan atau sepeda motor agar terlihat menarik. “Motor yang ditampilkan terlihat sangat menarik. Tentunya modifikasi boleh dilakukan asal tidak mempersulit diri ketika berkendara dan tidak mengurangi nilai guna motor itu sendiri,” jelasnya.

Acara berlanjut hingga Jumat (10/1). Yakni terselenggaranya kegiatan pengajian dan istighotsah pukul 07.00 di halaman SMKN 1 Pagerwojo. Kemudian malam harinya disusul lantunan salawat dari Mayangkara Group. “Dengan istighotsah dan salawat ini supaya SMKN 1 Pagerwojo diberi kelancaran mendidik generasi bangsa dan tetap dalam lindungan-Nya,” ungkapnya.

Acara yang cukup meriah sekaligus penutup rangkain kegiatan HUT Ke-13 SMKN 1 Pagerwojo diadakan Sabtu lalu (11/1). Di antaranya salawat bareng Gus Azmi dari grup Syubbanul Muslimin dan pergelaran wayang kulit dengan dalang Ki Marjuki Mardi Sabdo yang mengambil lakon Sesaji Rajasuya. Kegiatan salawat dimulai pukul 08.00. Sedangkan pagelaran wayang kulit diselenggarakan pukul 18.00. “Dalam pagelaran wayang kulit tersebut juga dihadiri Kabid PSMK Dinas Pendidikan Jatim Suhartono dan seluruh kepala sekolah SMA/SMK se-Tulungagung.” tandasnya. (*)

(rt/dre/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia