Rabu, 29 Jan 2020
radartulungagung
icon featured
Trenggalek

Tol Laut Bakal Beroperasi di Trenggalek

15 Januari 2020, 09: 51: 25 WIB | editor : Andrian Sunaryo

HARUS BERSIAP: Warga bersantai di kawasan Pelabuhan Nusantara Prigi yang direncanakan tahun ini akan uji coba sandar kapal.

HARUS BERSIAP: Warga bersantai di kawasan Pelabuhan Nusantara Prigi yang direncanakan tahun ini akan uji coba sandar kapal. (ZAKI JAZAI/RADAR TRENGGALEK)

WATULIMO, Radar Trenggalek - Pemkab Trenggalek harus terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menyelesaikan pembangunan Pelabuhan Nusantara di Kecamatan Watulimo. Pasalnya, kemungkinan tahun ini jalur pelayaran di wilayah selatan Pulau Jawa akan beroperasi.

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak mengatakan, sementara ini ekonomi di daerah Jatim bagian selatan sedikit tertinggal dari daerah lainnya. Merujuk hal tersebut, pemerintah terus melakukan terobosan untuk menggenjot perekonomian di wilayah Jawa selatan tersebut. ”Salah satu upaya kami adalah menggenjot perekonomian berbasis jasa pariwisata dan perdagangan,” katanya.

Dia melanjutkan, dari situ Pemprov Jatim melakukan berbagai upaya untuk menggenjot pembangunan di wilayah tersebut. Seperti pembangunan di pesisir wilayah Kecamatan Watulimo, salah satunya Taman Pantai Prigi, yang merupakan kerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR). “Kami bersyukur, pada diskusi terakhir rancangan bangunan yang diajukan sesuai untuk meningkatkan pembangunan perekonomian tersebut. Semoga saja pembangunannya bisa diteruskan oleh pemkab dengan sama baiknya,” tuturnya.

Sejalan dengan itu, tahun ini juga direncanakan beroperasinya tol laut melalui jalur pantai selatan. Salah satunya jalur pelayaran yang akan disinggahi adalah kawasan Pantai Prigi. Rutenya meliputi Cilacap, Prigi, Banyuwangi, Bali, hingga Nasa Tenggara Barat. “Dari situ, pemprov berupaya melakukan berbagai pembangunan untuk mendukung hal tersebut (tol laut, Red). Seperti pembangunan rambu-rambu sebagai tempat sandar kapal di Pelabuhan Nusantara Prigi,” katanya.

Kemungkinan dalam waktu dekat ini akan dilakukan uji coba sandar pada pelabuhan tersebut. “Dari situ kami akan terus mengupayakan di mana Prigi nantinya menjadi pusat pertumbuhan hal itu (perekonomian dari jasa pariwisata dan perdagangan, Red),” jelas mantan bupati Trenggalek ini. (*)

(rt/zak/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia