Rabu, 26 Feb 2020
radartulungagung
icon featured
Pendidikan

Kemeriahan Hari Jadi MTsN 2 Kota Blitar, Cetak Generasi Mandiri

20 Januari 2020, 11: 00: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

KOMPAK : Para guru, panitia GELAR Ke-3 MTsN 2 Kota Blitar dan siswa berfoto bersama usai acara, kemarin.

KOMPAK : Para guru, panitia GELAR Ke-3 MTsN 2 Kota Blitar dan siswa berfoto bersama usai acara, kemarin. (MTSN 2 KOTA BLITAR FOR RADAR BLITAR)

KEPANJENKIDUL, Radar Blitar - Puncak Gebyar Olimpiade Prestasi Pelajar atau GELAR Ke-3 MTsN 2 Kota Blitar berjalan sukses, Minggu (19/1). Pergelaran olimpiade tersebut dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-3 MTsN 2 Kota Blitar.

Kemarin, para juara olimpiade itu langsung menerima piagam penghargaan, piala, dan uang pembinaan. Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala MTsN 2 Kota Blitar Ahmad Mukromin beserta Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Blitar Solekan. Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Blitar berhasil menyabet gelar juara umum. MIN Kota Blitar meraih 2 emas, 3 perak, 2 perunggu, dan kategori harapan.

Kepala MTsN 2 Kota Blitar Ahmad Mukromin mengatakan, gebyar olimpiade prestasi pelajar itu untuk menumbuhkan kemandirian siswa. Sekaligus mencetak generasi muda yang berkompeten dan berdaya saing tinggi. "Alhamdulillah, antusiasme peserta olimpiade tahun ini sangat tinggi. Semoga tahun depan bisa lebih baik lagi," ungkapnya.

GELAR ke-3 itu diselenggarakan selama dua hari. Dimulai Sabtu (18/1) hingga puncaknya Minggu (19/1). Selain menggelar olimpiade, baik di bidang akademik maupun nonakademik, juga digelar bazar makanan dan kerajinan hasil karya para siswa.

Ada lebih dari 953 peserta yang ikut lomba. Bukan hanya dari Blitar, melainkan juga dari daerah lain seperti Nganjuk, Kediri, Tulungagung, dan Malang. Kegiatan dibuka langsung oleh Plt Kasubbag TU Kemenag Kota Blitar Kanzul Fathon.

Beberapa kegiatan yang dilombakan, di antaranya olimpiade MIPA, pidato tiga bahasa (Indonesia, Inggris, Arab), MTQ, tartil, qiroah, tahfidz, dan menyanyi sampai tenis meja.

Dia mengungkapkan, antusiasme siswa dan orang tua memang tinggi dalam perlombaan kali ini. Itu menunjukkan orang tua juga mendukung bakat yang dimiliki anaknya. "Tahun ini pesertanya meningkat. Hampir 1.000 peserta," katanya.

Di penyelenggaraan GELAR kali ketiga ini, lanjut dia, madrasah tetap terus bersemangat untuk mencetak generasi Islami dan memiliki daya saing yang tinggi. Dengan adanya perlombaan tersebut, diharapkan MTsN 2 Kota Blitar bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. "Justru meski masih berumur tiga tahun, kita tidak boleh kalah dengan yang lainnya. Kita harus bisa mengenalkan madrasah ke luar daerah," terang pria ramah ini.

Menurut dia, kegiatan GELAR ke-3 tersebut bisa membangun rasa mandiri dan tanggung jawab siswa. Selain itu, juga untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan kerja sama antarsiswa. "Kegiatan ini kami serahkan semua kepada siswa. Anak-anak OSIS kami percayai untuk pegang acara ini di bawah pembina OSIS Binti Robiah Umi Asfi Hanik," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Blitar Solekan mengaku bangga dengan ajang GELAR ke-3 yang diselenggarakan MTsN 2 Kota Blitar. Diharapkan ajang tersebut bisa ditingkatkan lebih baik. "Kegiatan ini sangat bermanfaat. Bisa mencetak generasi muda yang berkompeten di bidangnya. Menjadi bekal untuk meraih kesuksesan di masa depan," jelasnya.

(rt/kan/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia