Rabu, 26 Feb 2020
radartulungagung
icon featured
Tulungagung
PILWABUP

Wabup Harus Jalankan Program Bupati

29 Januari 2020, 06: 59: 07 WIB | editor : Andrian Sunaryo

SEKRETARIS PDI-P : Sodik Purnomo

SEKRETARIS PDI-P : Sodik Purnomo

KOTA, Radar Tulungagung - Teka-teki siapa yang bakal duduk di kursi wakil bupati (wabup) Tulungagung belum terjawab. Namun, seorang wabup yang bakal mendampingi Bupati Tulungagung Maryoto Birowo harus mampu meneruskan program bupati yang telah disampaikan dalam visi-misi ketika kampanye.

 Hal itu diungkapkan Sekretaris DPC PDIP Tulungagung Sodik Purnomo. Menurut dia, seorang wabup pendamping Maryoto Birowo harus mampu menjalankan program yang telah dicanangkan bupati. “Meskipun dari sisi masa menjabat tidak lengkap lima tahun, saya kira itu menjadi penting agar visi-misi tersebut harus terus dijalankan,” ungkapnya.

 Sodik melanjutkan, sebagai partai pengusung bupati dan pemenang pemilu legislatif, kader partai harus bisa membuktikan ke masyarakat, khususnya pada hal yang konkret agar pembangunan di Tulungagung bermanfaat. “Baik itu pembangunan ekonomi, infrastruktur, maupun peningkatan sumber daya manusia. Ini tugas berat yang diemban bupati dan wabup dari PDIP,” jelasnya.

 Ketika ditanya terkait rekomendasi dari DPP PDIP, Sodik mengaku hingga kini rekom itu belum turun. “Kami masih menunggu dari DPP. Terakhir DPP menyurati tiga orang ikut fit and proper test. Namun, kami berharap lebih cepat lebih baik agar pemerintahan di Tulungagung bisa berjalan maksimal sesuai visi-misi disampaikan saat kampanye,” tuturnya.

Mengenai seberapa penting wabup tersebut, pria berkacamata ini mengatakan, sangat penting. Sebab, seorang bupati tanpa didampingi wabup, maka dalam menjalankan pemerintahan yang efektif tidak bisa terlaksana maksimal. “Saya pribadi berpendapat, hal tersebut harus segera diputuskan. Karena kawan-kawan DPC berharap harus ada wabup agar kemenangan yang diperoleh dalam pilbup bisa dirasakan masyarakat dan program-program yang dijanjikan bisa segera dijalankan. Tapi semua kembali ke DPP,” katanya.

 Sodik melanjutkan, saat ini DPC PDIP sudah berkomunikasi politik dengan Partai Nasdem. Namun, komunikasi itu belum bisa disampaikan ke publik. “Informasi yang saya terima dari kawan-kawan, Nasdem juga menunggu keputusan DPP. Mari kita tunggu bagaimana keputusan DPP,” ujarnya.

Dia menambahkan, PDIP sudah melakukan proses untuk menjaring cawabup dan hal itu sudah sesuai prosedur. “Alhamdulillah tidak ada persoalan karena semua pihak yang berkepentingan sudah kami wadahi. Bahkan, ada 11 cawabup,” katanya.

Perkembangan terakhir, satu bulan lalu DPP sudah memanggil tiga nama cawabup, yakni Sodik Purnomo, Tatang Suhartono, dan Suharminto.  Namun sampai sekarang belum ada keputusan terkait siapa yang direkomendasi oleh DPP PDIP. (*)

(rt/rak/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia