Rabu, 26 Feb 2020
radartulungagung
icon featured
Tulungagung

Ujian CPNS 2019 Seminggu, BKD Tulungagung Resmi Rilis Jadwal

31 Januari 2020, 09: 13: 18 WIB | editor : Andrian Sunaryo

ilustrasi

ilustrasi

KOTA, Radar Tulungagung – Ribuan peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 sebaiknya segera mempersiapkan diri. Pasalnya, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tulungagung telah resmi merilis jadwal seleksi kompetensi dasar (SKD). Rencananya, SKD untuk Kabupaten Tulungagung akan dilaksanakan pada 10-16 Februari mendatang di Crown Victoria Hotel. “Sesuai dengan jadwal, ujian akan berlangsung sekitar satu minggu. Yaitu 10-16 Februari,” jelas Kepala BKD Tulungagung Arief Budiono, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan dan Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Catur Hermono.

Dari data yang berhasil dihimpun Koran ini, sebanyak 9.742 peserta berhak mengikuti SKD pada pertengahan Februari mendatang. Sementara 12 peserta lainnya memilih tidak mengikuti SKD. Ini karena menggunakan nilai SKD tahun 2018. Dalam seleksi CPNS kali ini, sebanyak 103 peserta merupakan P1/TL atau peserta seleksi CPNS 2018 dengan nilai SKD memenuhi passing grade. Namun, peserta ini tidak lolos usai proses integrasi nilai SKD dan seleksi kompetensi bidang (SKB). Untuk peserta disabilitas, sebanyak empat pelamar.

Catur mengatakan, seleksi CPNS kali ini hampir sama seperti tahun sebelumnya. Yakni terbagi menjadi dua, seleksi kompetensi dasar (SKD) dan kompetensi bidang (SKB). Untuk materi SKD, meliputi tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Nantinya, pelaksanaan seleksi menggunakan sistem computer assisted test (CAT).

 Mengenai nilai ambang batas minimal atau passing grade kelulusan, Catur merinci, untuk formasi umum nilai kumulatif sebesar 271. Untuk formasi cumlaude nilai kumulatif sebesar 271. Sementara untuk formasi disabilitas nilai kumulatif sebesar 260. “Untuk aturan main, secara garis besar nyaris tidak ada perbedaan cukup berarti. Saya harap peserta dapat melakukan persiapan sebaik mungkin,” terangnya.

 Catur pun mengingatkan agar peserta ujian tidak lupa mengenai kelengkapan ujian. Antara lain membawa KTP asli atau bukti rekam KTP serta mencetak kartu peserta dan dibawa saat pelaksanaan ujian. Peserta hadir 60 menit sebelum jadwal tes dan mengenakan atasan putih dan bawahan hitam.

 Dia pun mengimbau peserta agar tidak mudah percaya mengenai informasi tentang seleksi CPNS. Sebab, informasi resmi seleksi CPNS hanya terdapat pada website resmi BKD. “Jangan mudah tertipu, kalau memerlukan informasi bisa langsung akses ke website kami,” terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, untuk seleksi tahun ini, Tulungagung mendapat jatah sebanyak 601 formasi. Jumlah ini terdiri dari 237 tenaga pendidikan, 157 tenaga kesehatan, dan 207 untuk tenaga teknis. Jumlah ini nantinya terbagi untuk formasi umum sebanyak 535, cumlaude sebanyak 53, dan disabilitas sebanyak 13. (*)

(rt/nda/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia