Rabu, 26 Feb 2020
radartulungagung
icon featured
Blitar

UNISBA Gelar Ujian Profesi Advokat, Diikuti Peserta se-Jawa

10 Februari 2020, 09: 00: 25 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

UNISBA Gelar Ujian Profesi Advokat, Diikuti Peserta se-Jawa

SANANWETAN, Radar Blitar - Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar untuk kali pertama menggelar ujian profesi advokat. Bekerja sama dengan Persatuan Advokat Indonesia (PERADI), ujian  diselenggarakan dengan tertib pada Sabtu lalu (8/2). 

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Dr. Supriyono, Med, selaku wakil rektor bidang akademik; drh Edya Mulya, MSI, selaku wakil rektor bidang riset, inovasi, dan kerja sama; Zaenul Ichkwan, SH, MH, selaku wakil rektor bidang tata kelola, hukum, dan sarana prasarna; Herry Suprayitno, SE, MM, selaku wakil rektor bidang kemahasiswaan; dan Weppy Susetyo, SH, MH, sebagai dekan fakultas hukum serta turut hadir sebagai tuan rumah untuk menyambut peserta dan panitia ujian advokat. Dari pihak PERADI, hadir Hasanuddin Nasution SH, M.Hum, selaku Sekjend Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PERADI, bersama Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PERADI Kediri Raya, Budiarjo Setiawan, SH. 

Sebanyak 25 peserta mengikuti ujian profesi advokat ini. Meskipun hanya puluhan peserta, namun ini bersifat nasional karena peserta berasal dari seluruh wilayah Pulau Jawa. Di antaranya dari Tanggerang, Cirebon, Ponorogo, Madiun, Madura dan sebagainya. Selain itu, peserta yang hadir sangat antusias. Ini bisa dilihat dari kedatangan mereka yang tepat waktu serta sesuai dengan jadwal dan peraturan yang disampaikan panitia penyelenggara.

"Tujuannya tentu agar kita bisa mencetak alumni UNISBA menjadi advokat yang andal dan profesional," ungkap Rektor Unisba, Drs Soebiantoro, MSi., melalui Wakil Rektor I, Dr Supriyono, MEd. Dia menambahkan, alumni UNISBA cukup antusias dengan adanya ujian profesi advokat itu. Pasalnya, ada sekitar enam alumni yang turut menjadi peserta dalam ujian tersebut. "Karena itu, kami bekerja sama dengan PERADI dalam mewujudkan tujuan kami," tambahnya.  

Sekjend Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PERADI, Hasanuddin Nasution, SH, M.Hum menjelaskan, ujian profesi advokat dilakukan untuk mengukur kemampuan dan pemahaman para calon advokat mengenai tugasnya ke depan. Selain itu, ujian ini juga diselenggarakan dengan ketentuan penilaian yang sudah ditetapkan sejak tahun 2004. Meski selalu ada keluhan untuk menurunkan kriteria penilaian, pihaknya dapat menjamin apabila ujian profesi advokat dilakukan dengan sebenar-benarnya. "Kami benar-benar ingin menjadikan para advokat yang profesional dan bisa membantu masyarakat," jelasnya. 

Hasan juga menghimbau kepada semua peserta untuk tidak terpengaruh dengan tawaran oknum atau pihak tertentu yang menawarkan kelulusan dalam ujian profesi advokat. "Saya berharap agar semua peserta paham betul mengenai kompetensi advokat tanpa perlu menerima oknum tertentu," ungkapnya. (c1/ed/ady)

(rt/whe/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia