Rabu, 26 Feb 2020
radartulungagung
icon-featured
Trenggalek

Di Trenggalek, Tryout UNBK RaTu Lebih Menantang

12 Februari 2020, 11: 51: 59 WIB | editor : Andrian Sunaryo

TIDAK ASAL-ASALAN : Siswa kelas XII SMAN di Trenggalek mengerjakan soal try out UNBK kemarin

TIDAK ASAL-ASALAN : Siswa kelas XII SMAN di Trenggalek mengerjakan soal try out UNBK kemarin (zaky jazai/Radar Trenggalek)

KOTA, Radar Trenggalek - Sambutan positif diberikan peserta tryout ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA yang digelar Jawa Pos Radar Tulungagung dengan Cabang Dinas Pendidikan (Cabdispendik) Provinsi Jawa Timur (Jatim) wilayah Tulungagung dan MKKS SMA se-Trenggalek. Naskah soal yang disajikan dalam computer based test (CBT) tersebut bisa dijadikan pembelajaran sebelum menghadapi UNBK yang sesungguhnya nanti. Seperti diakui peserta dari SMAN 2 Trenggalek, kemarin (11/2).

Seluruh peserta terbagi menjadi dua sesi. Mereka terlihat antusias mengerjakan soal CBT. Hari kedua yaitu mata pelajaran (mapel) matematika, butuh kejelian dalam memahami soal. Tujuannya agar tidak salah dalam memasukkan rumus pada soal tersebut. "Soal cerita sedikit menantang, makanya saya menandainya untuk dikerjakan nanti," ungkap Dea Aliyadi kemarin.

Sebab, menurut dia, naksah soal cerita tersebut butuh penelitian lebih. Sehingga jika dirinya tetap fokus pada soal tersebut, dikhawatirkan waktu akan termakan sia-sia dan soal lain tidak sampai dikerjakan. Makanya, dirinya memilih menandai soal tersebut untuk dikerjakan nanti ."Soal mudah dulu dikerjakan. Jika ada waktu, soal yang saya tandai ini dikerjakan selanjutnya. Dan syukurlah sisa waktu cukup," tuturnya. 

Senada juga diungkapkan Fikri Anako, salah seorang peserta lainnya. Menurut dia, berdasarkan cerita yang didapat dari kakak kelasnya yang telah lulus, soal lebih sulit dari soal yang nanti dimuat pada UNBK. Dari situ tryout ini nanti bisa dibuat pembelajaran soal apa yang dipelajari. Sehingga hasil UNBK bisa maksimal. "Nanti soal yang keluar ini akan saya pelajari kembali. Semoga hasilnya bisa baik," harapnya.

Sementara itu, seorang proktor SMAN 2 Trenggalek, Wisnu Subarkah menambahkan, sejauh ini tryout UNBK tidak ada masalah. Kemungkinan penyelelenggara telah menyempurnakan program yang dijalankan. Sehingga 294 peserta yang terdiri atas 177 peserta dari IPA dan 117 IPS bisa menyelesaikan dengan mudah. "Sekarang ibaratnya sudah satu kali kerja sehingga satu kali unggah saja, seluruh hasil pekerja bisa didaftar," jelasnya. (*)

 

(rt/zak/dre/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia