alexametrics
Rabu, 03 Jun 2020
radartulungagung
icon-featured
Pendidikan

Ribuan Siswa Antusias Ikuti Tryout

13 Februari 2020, 09: 37: 28 WIB | editor : Alwik Ruslianto

FOKUS: Seorang siswa SMAN 1 Kedungwaru mengikuti tryout Jawa Pos Radar Tulungagung, kemarin (10/2).

FOKUS: Seorang siswa SMAN 1 Kedungwaru mengikuti tryout Jawa Pos Radar Tulungagung, kemarin (10/2). (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

KOTA, Radar Tulungagung – Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) jenjang SMA tinggal satu bulan lagi. Berbagai persiapan terus dilakukan oleh siswa-siswi kelas XII. Termasuk mengikuti Tryout UNBK Jawa Pos Radar Tulungagung. Ujian yang diselenggarakan dengan sistem computer based test (CBT) ini diikuti oleh 11 SMA negeri di Tulungagung. “Kegiatan ini untuk mendukung persiapan anak-anak menjelang UN mendatang,” jelas project officer (PO) Tryout UNBK Jawa Pos Radar Tulungagung, Endra Gunawan.

 Kegiatan yang dimulai sejak pukul 07.30 ini berlangsung lancar. Seperti pantauan koran ini di SMAN 1 Boyolangu, kemarin (10/2). Sebanyak 456 siswa antusias mengikuti tryout. Jumlah ini termasuk lima siswa percepatan.

 Waka Bagian Kurikulum SMAN 1 Boyolangu, Endro Santoso, mengaku nyaris tidak ada kendala apapun selama ujian berlangsung. “Saat awal token terlambat, hanya itu saja. Dan itu sangat wajar terjadi,”jelasnya.

 Endro mengatakan, tryout ini sebagai ajang latihan bagi siswa kelas XII. Teknis pelaksanaan yang didesain sedemikian rupa mirip seperti pelaksanaan UNBK sesungguhnya. Sehingga siswa terbiasa mengerjakan soal dan membiasakan diri ketika ujian berlangsung. Ia berharap dengan adanya kegiatan ini, nantinya siswa dapat memperoleh output yang sesuai. Artinya, siswa dapat mengukir prestasi sebagaimana sebelumnya. “Ya kami berharap dengan adanya tryout semacam ini siswa terbiasa mengerjakan ujian, dan dapat meraih prestasi. Minimal bisa mempertahankan prestasi sebelumnya, kalau bisa ya lebih dari yang sudah,”harapnya.

Sementara itu, pelaksanaan tryout juga berjalan lancar di SMAN 1 Kedungwaru. Waka Bagian Humas SMAN 1 Kedungwaru, Mardiyani mengatakan, tryout kali ini diikuti oleh 453 siswa. Termasuk 8 siswa percepatan. “Ada 453 anak yang ikut, dan semua berjalan lancar,”terangnya.

Antusias Garap Try Out UNBK RaTu (Pelaksanaan UNBK tingkat SMA/SMK masih sebulan lagi, tapi persiapan sudah dimulai sejak dini. Seperti kemarin seluruh siswa kelas XII SMA se Tulungag)

Mardiyani mengaku, mengapresiasi kegiatan tryout kali ini. Sebab, ini sebagai ajang pemanasan dan latihan bagi siswa. Jika siswa terbiasa mengerjakan soal, nantinya ketika ujian berlangsung siswa tidak grogi dan lebih siap. “Harapannya tentu saja anak-anak bisa mempersiapkan diri lagi. Dengan tryout ini anak-anak bisa latihan agar nanti terbiasa saat ujian,”tandasnya. (nda/ris)

(rt/nda/alwk/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia