Rabu, 26 Feb 2020
radartulungagung
icon-featured
Pendidikan

Tryout UNBK Menambah Kepercayaan Diri Peserta

13 Februari 2020, 09: 58: 23 WIB | editor : Alwik Ruslianto

LEBIH PERCAYA DIRI: Peserta tryout UNBK di SMAN 2 Karangan ketika mengerjakan soal di hari ketiga dengan mapel bahasa Inggris.

LEBIH PERCAYA DIRI: Peserta tryout UNBK di SMAN 2 Karangan ketika mengerjakan soal di hari ketiga dengan mapel bahasa Inggris. (ZAKI JAZAI/RADAR TRENGGALEK)

KARANGAN, Radar Trenggalek - Sebagai bahan evaluasi agar lebih baik dalam menghadapi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang sesungguhnya, sambutan positif seperti itulah yang mewarnai pelaksanaan hari ketiga tryout UNBK Jawa Pos Radar Tulungagung, kemarin (12/2). Sebab setelah mengikuti event tahunan yang diselenggarakan Jawa Pos Radar Tulungagung bekerja sama dengan cabang Dinas Pendidikan (Cabdispendik) Provinsi Jawa Timur (Jatim) wilayah Tulungagung dan MKKS SMA se-Trenggalek tersebut, baik peserta maupun sekolah lebih siap dalam menghadapi UNBK.

Seperti yang terlihat di SMAN 2 Karangan. Berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Trenggalek di lokasi, tercatat ada 86 peserta yang melaksanakan tryout UNBK di sekolah tersebut. Peserta dibagi menjadi dua sesi pada dua ruangan yang disediakan oleh sekolah. “Untuk pelaksanaan hari ketiga ini (kemarin, Red) berjalan lancar. Sebab, tidak ada permasalahan yang berarti,” ungkap proktor SMAN 2 Karangan, Agus Winarko.

Dia melanjutkan, memang ketika pelaksanaan, ada sedikit masalah. Masalah tersebut seperti tiba-tiba komputer mati, peserta sulit masuk ke laman soal, dan sebagainya. Namun, masalah tersebut terbilang wajar karena tidak mengganggu jalannya ujian dan dengan mudah bisa diatasi oleh proktor maupun peserta. “Jadi jika ketika UNBK nanti ada masalah serupa, dengan latihan ini diharapkan tidak panik. Sebab, mudah untuk diatasi hingga peserta bisa kembali mengerjakan dengan tenang,” ujarnya.

Hal tersebut diakui oleh Beta Ayu, peserta dari SMAN 2 Karangan. Menurut dia, dirinya dan peserta lain sangat mengapresiasi penyelenggaraan tryout tersebut. Sebab selain peserta bisa berlatih menjawab soal, juga menjadi bahan evaluasi jika terjadi kesalahan nonteknis dalam pelaksanaan UNBK sesungguhnya. “Dengan ini jika nanti ada kesalahan, kami tidak panik, tapi tetap tenang sehingga pikiran tak kacau dan dapat menyelesaikan soal dengan baik,” imbuhnya.

Senada juga diungkapkan proktor SMAN 2 Karangan lainnya, Riris Wahyuni. Dia menambahkan, pelaksanaan tryout kejujuran membuat dirinya dan peserta terlatih, serta semakin percaya diri dalam menghadapi UNBK yang sebenarnya. Apalagi berdasarkan informasi pada tahun ini, ada pembaruan dalam pelaksanaan UNBK. “Kendati latihan, kami mengerjakannya dengan sungguh-sungguh. Semoga saja terbiasa dalam mengerjakan soal melalui computer based test (CBT) dan tidak gugup dalam pelaksanaan UNBK nanti,” jelasnya. (jaz/ed/tri)

Try out UNBK RaTu Disambut Positif, Jadi Bahan Evaluasi (Pelaksanaan hari ketiga try out UNBK Jawa Pos Radar Tulungagung berjalan lancar dan mendapat sambutan positif dari siswa-siswi kelas XII di Trenggalek)

(rt/zak/alwk/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia