alexametrics
Rabu, 01 Apr 2020
radartulungagung
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Gladi Bersih UNBK SMA Lancar

25 Februari 2020, 17: 50: 59 WIB | editor : Anggi Septian Andika Putra

FOKUS : Siswa SMAN 1 Tulungagung mengikuti gladi bersih UNBK hari pertama kemarin (24/2).

FOKUS : Siswa SMAN 1 Tulungagung mengikuti gladi bersih UNBK hari pertama kemarin (24/2). (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

KEDUNGWARU, Radar Tulungagung – Sekitar 7000 siswa SMA kelas XII mengikuti gladi bersih ujian nasional berbasis komputer (UNBK) kemarin (24/2). Berbeda dengan gladi bersih UNBK jenjang SMK Senin (17/2) lalu yang gagal total, gladi bersih kali ini berjalan lancar. Tidak ada kendala teknis maupun non teknis selama pelaksanaan kegiatan tersebut. “Hari pertama gladi bersih ini lancar. Kalau dibandingkan dengan gladi bersih SMK kemarin, ini lebih baik,”jelas Help desk UNBK SMA kabupaten/kota, Yulius Satria Hendrata.

 Lius mengatakan, jika melihat pengalaman tahun-tahun sebelumnya, trouble saat gladi bersih memang rentan terjadi. Terutama pada jenjang SMK. Sebab, gladi bersih jenjang SMK menjadi uji coba pertama, baik aplikasi maupun kesiapan sarana prasarana pendukung lainnya. “Biasanya saat gladi bersih SMK pasti trouble dimana-mana. Kemudian saat SMA sudah mulai membaik, sampai nanti SMP sudah lancar. Jadi ada perbaikan juga dari pusat,”imbuhnya.

 Terkait perbedaan gladi bersih tahun ini dengan sebelumnya, pria berkulit putih ini mengatakan, secara umum tidak ada perubahan yang cukup signifikan. Namun pada gladi bersih tahun ini, tidak hanya para siswa yang mengikuti kegiatan. Melainkan guru dihimbau untuk mengikuti assessment kompetensi minimum (AKM).

 Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI memutuskan mengganti UNBK dengan AKM. Meski belum ada informasi lebih lanjut mengenai AKM, namun secara garis besar AKM merupakan perpaduan materi anatara logika dan penalaran. Sehingga bobot soal relatif lebih tinggi. “Jadi gladi bersih dilaksanakan dua hari dan dilanjutkan dengan AKM untuk guru. Ini hanya sebatas pengenalan saja, agar kedepan guru dapat mempersiapkan siswa untuk UNBK kedepan,”terangnya.

Sementara itu, pelaksanaan gladi bersih UNBK di SMAN 1 Tulungagung nyaris tidak ada kendala. Baik teknis maupun non teknis. Hingga sesi ketiga, seluruh siswa kelas XII dapat menyelesaikan soal dengan baik. “Alhamdulilah hari ini nggak ada kendala sama sekali. Ujian juga dapat berjalan tepat waktu,”jelas proktor SMAN 1 Tulungagung, Evan Aris.

Disinggung mengenai perbedaan gladi bersih, Evan mengatakan, hanya terdapat pada aplikasi saja. Jika sebelumnya komputer server dan proktor dapat mengakses website lain selama ujian berlangsung. Kali ini secara otomatis komputer akan terkunci dan tidak dapat digunakan mengakses website apapun kecuali aplikasi ujian. “Ini untuk mencegah agar tidak digunakan untuk kegiatan lain. Jadi setelah login sudah otomatis terkunci,”tandasnya.

Sekadar informasi, pelaksanaan UNBK SMA akan berlangsung selama empat hari. Sebanyak empat mata pelajaran (mapel) akan diujikan pada UNBK tahun ini. Yakni bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, dan mapel pilihan jurusan. Rencananya UNBK jenjang SMA akan dilaksanakan 30 Maret hingga 2 April mendatang.

(rt/nda/dre/ang/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia