alexametrics
Minggu, 19 Sep 2021
radartulungagung
icon-featured
Blitar

Kapolres Blitar Kota Silaturahmi dengan Tokoh Agama dan Masyarakat

28 Februari 2020, 09: 25: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

Kapolres Blitar Kota Silaturahmi dengan Tokoh Agama dan Masyarakat

SANANWETAN, Radar Blitar - Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela bersilaturahmi dengan para tokoh agama (toga) dan tokoh masyarakat (toma) se-Kota Blitar, Rabu malam (26/2). Silaturahmi itu dalam rangka menjalin komunikasi antara kepolisian dan elemen masyarakat menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

Acara silaturahmi yang dipusatkan di hall Etnik Restoran Ayam Bakar Bu Mamik itu dihadiri tokoh agama dari sejumlah ormas Islam, di antaranya NU, Muhammadiyah, dan LDII. Ada juga dari FKUB, pengurus kelenteng Poo An Kiong, pendeta, PHDI, hingga pengasuh pondok pesantren (ponpes).

Pada kesempatan itu, kapolres dan sejumlah tokoh menandatangani komitmen bersama dalam rangka menciptakan situasi aman dan tertib di masyarakat menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

Menurut Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela, toga dan toma berperan sangat penting dalam menyejukkan iklim pesta demokrasi di Kota Blitar. Para tokoh tersebut bisa meredam dan mencegah terjadinya konflik yang timbul di masyarakat. "Apalagi, saat ini isu-isu primordialisme, penggunaan politik identitas, hingga SARA sangat potensial digunakan dalam kontestasi politik," ungkapnya.

Maka dari itu, kepolisian bersama toga dan toma berkerja sama dan bahu-membahu menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama tahapan pelaksanaan pilkada serentak ini. Terlebih, di Kota Blitar, tensi politik sudah semakin menghangat.

Indikasinya, jelas dia, sudah beberapa orang mendaftarkan diri lewat partai politik (parpol) sebagai bakal calon wali Kota Blitar maupun bakal calon wakil wali Kota Blitar. Sedangkan lewat jalur independen sudah ada tiga pasangan yang maju. "Maka dari itu, kami mengajak pemuka agama dan tokoh masyarakat untuk turut serta menjaga kondusivitas Kota Blitar. Mereka bisa menjadi penyejuk situasi," ujar perwira berpangkat dua melati ini.

Kepolisian berharap, pelaksanaan pilkada di Kota Blitar bisa berjalan aman, damai, dan lancar. Seluruh elemen masyarakat bisa turut menyukseskan terselenggaranya pesta demokrasi di Kota Blitar.

(rt/kan/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news