alexametrics
Jumat, 10 Apr 2020
radartulungagung
icon-featured
RaTu Event

10.480 Siswa Ikuti Tryout UNAS SMP 2020

Ajang Latihan dan Pemantapan Materi

11 Maret 2020, 10: 05: 34 WIB | editor : Alwik Ruslianto

PERSIAPKAN DIRI: Siswa kelas IX SMPN 6 Tulungagung fokus mengerjakan soal-soal tryout kemarin (10/3).

PERSIAPKAN DIRI: Siswa kelas IX SMPN 6 Tulungagung fokus mengerjakan soal-soal tryout kemarin (10/3). (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

KOTA, Radar Tulungagung – Sebanyak 10.480 siswa kelas IX negeri/swasta di Kota Marmer antusias mengikuti Tryout UNAS SMP 2020, kemarin (10/3). Acara yang diselenggarakan oleh Jawa Pos Radar Tulungagung, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispendikpora) Tulungagung dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP se-Tulungagung ini sebagai ajang latihan siswa sebelum mengikuti ujian nasional (UN) April mendatang.

Plt Kepala Dispendikpora Hariyo Dewanto Wicaksono mengatakan, persiapan materi dan sarana prasarana (sarpras) menjadi hal penting. Meskipun, ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2020 menjadi penyelenggaraan UN yang terakhir. “Meskipun ini UN terakhir, persiapan tetap harus dilakukan semaksimal mungkin,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Yoyok ini menambahkan, penting memperbanyak latihan, baik soal maupun materi UN. Sebab, semakin sering latihan, siswa akan terbiasa mengerjakan dan menghadapi soal-soal ujian. Untuk itu, melalui latihan-latihan seperti tryout ini, dapat menjadi ajang latihan bagi siswa. “Bisa juga ini menjadi tolok ukur kesiapan siswa seperti apa. Sementara untuk bapak ibu guru, juga bisa sebagai referensi tambahan materi UN untuk diajarkan ke anak-anak,” terangnya.

Sementara itu, Waka Bagian Humas SMPN 6 Tulungagung Priyono mengaku senang dengan adanya kegiatan tryout UN semacam ini. Sebab, siswa dapat berlatih sekaligus belajar materi ujian. Untuk itu, dia berharap kegiatan semacam ini menjadi kegiatan tahunan. “Ini kegiatan yang bagus karena siswa bisa belajar dan membantu mereka mempersiapkan diri,” ungkapnya.

Disinggung terkait persiapan UN, pria ramah ini mengatakan, meskipun tidak menyelenggarakan jam tambahan seperti sebelumya, dia memastikan pemaparan materi UN tetap berjalan maksimal. Selain disisipkan pada jam-jam kegiatan belajar mengajar (KBM) efektif, rencananya akan memaksimalkan jeda waktu usai ujian sekolah mendatang. “Jadi, nanti masih ada jeda waktu dua atau tiga minggu setelah ujian sekolah, kami manfaatkan untuk pematangan dan pemantapan materi UN. Tentu kami berharap anak-anak bisa mengikuti dengan baik dan mendapat prestasi yang baik,”tandasnya. (nda/ed/ris)

Sebanyak 10.457 siswa kelas IX dari 50 SMPN se Tulungagung mengikuti try out unas yang digelar Jawa Pos Radar Tulungagung bekerjasama dengan Dispendikpora dan MKKS SMPN, kemarin (10/3). Try out berbas

(rt/nda/alwk/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia