alexametrics
Jumat, 10 Apr 2020
radartulungagung
icon-featured
Politik

Trijanto Dorong Koalisi Besar Hadapi Pilkada Kabupaten Blitar

13 Maret 2020, 20: 18: 35 WIB | editor : Didin Cahya FS

Mohammad Trijanto

Mohammad Trijanto (DOK.RADARTULUNGAGUNG.ID)

SANANWETAN, Radar Blitar - Gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Blitar tampaknya tidak akan mengulang fenomena calon tunggal seperti pilkada sebelumnya. Kendati pamor Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) masih sangat kuat, beredar kabar bakal ada koalisi pelangi atau koalisi besar yang notabene gabungan dari sejumlah partai politik.

Ya, konstelasi politik di kabupaten ini mayoritas masih menungu perkembangan bakal calon bupati (bacabup) dan bakal calon wakil bupati (bacawabup) dari partai berlambang banteng moncong putih itu.

“Tunggu saja. Sebentar lagi akan ada pelangi di Kabupaten Blitar. Bisa merah, kuning, hijau biru, dan lainnya,” ucap Mohammad Trijanto, Jumat  (13/3).

Trijanto, sapaan akrabnya mengaku, mengikuti penjaringan yang dilakukan partai politik (parpol), khususnya di Kabupaten Blitar. Hal ini bukan ajang coba-coba.

Justru, kata dia, penjaringan juga sebagai sarana untuk membangun komitmen dan kesepahaman bersama dalam membangun Kabupaten Blitar. Maklum, tidak semua partai bisa mengusung calon bupati (cabup) dan wakil bupati (cawabup) sendiri, kecuali PDIP. Artinya, partai lain butuh koalisi. “Intinya kami sepakat, calon tunggal itu kurang berdemokrasi,” katanya.

Dia mengungkapkan, komunikasi dengan sejumlah parpol dilakukan secara intens. Kini hanya tingggal menentukan siapa-siapa figur yang cocok untuk didukung atau diusung. “Itulah salah satu alasannya kenapa saya belum ambil sikap. Kini masih dibahas bersama,” katanya.

(rt/muh/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia