alexametrics
Minggu, 31 May 2020
radartulungagung
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Cuci Tangan Sebelum Ikut UNBK SMK

17 Maret 2020, 14: 25: 59 WIB | editor : Retta wulansari

HIDUP SEHAT : Peserta ujian antre mencuci tangan sebelum memasuki ruang UNBK di SMK 1 PGRI, kemarin (16/3).

HIDUP SEHAT : Peserta ujian antre mencuci tangan sebelum memasuki ruang UNBK di SMK 1 PGRI, kemarin (16/3). (ANANIAS AYUNDA PRIMASTUTI/RATU)

KOTA, Radar Tulungagung – Hari Pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMK berjalan lancar, nyaris tidak ada kendala teknis maupun non teknis. Seluruh peserta ujian dapat mengikuti ujian sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Ini setelah sempat beredar berbagai informasi UNBK tingkat SMK akan ditunda berkaitan penyebaran virus covid-19.

 “Alhamdulilah lancar ujian hari pertama ini, tidak seperti saat gladi bersih kemarin yang trouble total,”jelas Kepala SMK PGRI 1 Tulungagung, Murpriono.

Murpriono mengatakan, pelaksanaan UNBK kali ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Ini dikarenakan adanya protokol tambahan terkait pencegahan penyebaran virus korona di satuan Pendidikan. Sesuai dengan surat edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 3 tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada satuan Pendidikan, sekolah diwajibkan menyediakan alat cuci tangan maupun hand sanitizer untuk peserta ujian.

Tak hanya itu, kebersihan sarana dan prasarana (sarpras) UNBK turut menjadi poin utama. “Untuk sarpras seperti keyboard atau mouse kami lakukan pembersihan ringan, tidak sampai disemprot cairan disinfektan karena takut berisiko konslet. Namun untuk siswa kami menyediakan tempat cuci tangan dan alat kebersihan seperti tisu dan hand sanitizer agar tetap bersih,”terangnya.

Disinggung mengenai upaya pencegahan penyebaran virus korona, Murpriono menjelaskan, sesuai dengan surat edaran (SE) dari provinsi, khusus siswa kelas X dan XI belajar di rumah hingga 29 Maret mendatang. Sementara untuk kegiatan belajar mengajar (KBM) dialihkan dengan sistem online atau daring. Nantinya, guru akan mengirimkan materi pembelajaran melalui grup-grup whatsapp di masing-masing kelas. Jika ada siswa yang mengalami kesulitan dalam materi dapat menanyakan melalui grup tersebut. “Kebetulan sebelum ini sekolah kami juga sudah sering menerapkan semi online semacam ini. Jadi saya rasa tidak ada masalah untuk belajar di rumah secara online,”bebernya.

Sementara itu, Help Desk UNBK Kabupaten/Kota, Yulius Satriya Hendrata memastikan, hampir seluruh siswa kelas XII dapat mengikuti UNBK SMK dengan baik. Bahkan hingga memasuki sesi ketiga UNBK, tidak ada laporan mengenai kendala teknis maupun non teknis pelaksanaan UNBK. “Belum, sampai sekarang (kemari,Red) saya belum menerima laporan. Artinya, UNBK kali ini berjalan lancar, semua proctor maupun teknisi di masing-masing sekolah dapat mengatasinya dengan baik,”jelasnya.

Yulius tak menampik trouble pada server pusat menjadi salah satu permasalahan yang cukup sering terjadi pada UNBK. Ini dikarenakan kesiapan sarpras yang kurang memadai. “Kalau dibandingkan dengan saat gladi bersih kemarin, ini jauh lebih baik. Mungkin sudah ada perbaikan-perbaikan juga dari pusat,”imbuhnya.

Sama seperti tahun sebelumnya, ujian akan berlangsung selama empat hari, dengan empat mata pelajaran (mapel) yang diujikan. Yakni Bahasa Indonesia, matematika, Bahasa inggris, dan teori kejuruan. Dalam satu hari, terdapat tiga kali sesi ujian. Meski UNBK bukan penentu kelulusan, namun siswa diimbau untuk tetap mengikuti sesuai dengan prosedur dan mengerjakan setiap soal dengan sungguh-sungguh. Pasalnya, nilai hasil UNBK penting untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi maupun untuk melamar pekerjaan.

(rt/nda/dre/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia