alexametrics
Jumat, 10 Apr 2020
radartulungagung
Home > Tulungagung
icon featured
Tulungagung

Angkutan Sekolah, MPU dan Bus di Tulungagung Disemprot Disinfektan

19 Maret 2020, 12: 00: 59 WIB | editor : Andrian Sunaryo

CEGAH KORONA: Petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke sejumlah MPU di Terminal Gayatri Tulungagung.

CEGAH KORONA: Petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke sejumlah MPU di Terminal Gayatri Tulungagung. (ANANIAS AYUNDA PIMASTUTI/RATU)

KOTA, Radar Tulungagung - Puluhan kendaraan angkutan sekolah di Kota Marmer disemprot cairan disinfektan, kemarin (18/3). Upaya ini untuk mencegah penularan corona virus disease (Covid-19) yang telah menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tulungagung Maryani mengatakan, setidaknya 9 armada bus sekolah dan 31 MPU angkutan anak sekolah menjadi target sterilisasi. “Sasaran kami kali ini adalah angkutan sekolah. Ada 9 armada bus dan 31 MPU sehingga total ada 40 kendaraan,” jelasnya.

Maryani melanjutkan, penyemprotan dilakukan di setiap sudut kendaraan. Mulai dari bagian pintu kendaraan, kursi penumpang, hingga bagian-bagian lain yang kerap disentuh penumpang. Selain dilakukan penyemprotan dengan cairan disinfektan, setiap kendaraan juga dilakukan pembersihan. Ini untuk mencegah penyebaran virus maupun bakteri yang lain.

ANTISIPASI KORONA: Petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke fasilitas umum di Terminal Gayatri Tulungagung.

ANTISIPASI KORONA: Petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke fasilitas umum di Terminal Gayatri Tulungagung. (ANANIAS AYUNDA PIMASTUTI/RATU)

Penyemprotan angkutan sekolah sengaja dilakukan di tengah anak-anak sedang melakukan pembelajaran di rumah. Tujuannya, agar ketika anak-anak telah kembali melakukan pembelajaran di sekolah, kendaraan-kendaraan ini telah siap digunakan. Rencananya, kegiatan penyemprotan cairan disinfektan akan dilakukan secara berkelanjutan, menindaklanjuti imbauan dari pemerintah pusat terkait upaya pencegahan penyebaran virus korona. “Insyaallah akan terus kami tindak lanjuti lagi kegiatan semacam ini,” imbuhnya.

Tak hanya melakukan penyemprotan terhadap angkutan sekolah, sejumlah fasilitas umum di terminal juga dilakukan sterilisasi. Kursi di ruang tunggu, gagang pintu, hingga pagar pembatas tak luput dari penyemprotan petugas. Selain dilakukan penyemprotan ke sejumlah titik di Terminal Gayatri, fasilitas untuk cuci tangan pun ditambah.

Maryani pun mengimbau, bagi para calon penumpang untuk senantiasa selalu menjaga kebersihan. Terlebih ketika mengendarai kendaraan umum. “Calon penumpang sebaiknya lebih memperhatikan kebersihan juga. Kami juga sudah menyediakan tempat cuci tangan untuk dimanfaatkan,” tandasnya. (*)

(rt/nda/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia