alexametrics
Kamis, 09 Apr 2020
radartulungagung
Home > Tulungagung
icon featured
Tulungagung

Warga Jerman Masuk Ruang Isolasi, Usai Berlibur di Pantai Sanggar

PDP Bertambah Tiga, Dua Sudah Dipulangkan

22 Maret 2020, 10: 17: 12 WIB | editor : Andrian Sunaryo

ilustrasi

ilustrasi

KEDUNGWARU, Radar Tulungagung - Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) yang diduga terinfeksi virus korona atau Covid-19 terus bertambah. Buktinya, kemarin (21/3) RSUD dr Iskak Tulungagung kembali menerima tiga PDP. Satu di antaranya diketahui merupakan warna negara asing (WNA) asal Jerman.

 Hal itu diungkapkan Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung, Supriyanto, melalui Wakil Direktur Pelayanan RSUD, Kasil Rokhmad, kemarin.

Dengan bertambahnya PDP itu, kini rumah sakit pelat merah tersebut sedang merawat tujuh PDP. Namun, kata Kasil, dua di antaranya akan pulang. Yakni dengan identitas Y, 57, warga Kecamatan Bandung dan G, 24, warga Kecamatan Rejotangan. Keduanya dinyatakan negatif dari virus Covid-19.

"Ada dua, hari ini (kemarin, Red) sudah diizinkan pulang. Hasil laboratoriumnya negatif," ucapnya.

Sedangkan, tiga PDP tambahan diterima RSUD dr Iskak di waktu berbeda. Kasil menjelaskan, untuk PDP asal Jerman berinisial IG di terima oleh RSUD dr Iskak Tulungagung pada Jumat malam (20/3). WNA berjenis kelamin perempuan  tersebut diketahui sedang berwisata ke Pantai Sanggar, masuk Desa/Kecamatan Tanggunggunung. WNA tersebut mengalami gejala panas, batuk, dan berdasarkan rontgennya terdapat gejala pneumonia.

"Yang mengetahui awal warga. Kemudian WNA tersebut diperiksakan  ke Puskesmas Tanggunggunung. Kemudian dibawa ke Puskesmas Bangunjaya, Pakel, dan tadi malam dirujuk ke RSUD," jelasnya.

Selanjutnya, pasien dengan status PDP yang baru diterima RSUD berinisial R. Dia masih berusia 5 bulan, asal Kediri. Balita berjenis laki-laki ini dirujuk ke RSUD lantaran memiliki gejala batuk dan sesak napas. Sedangkan, pasien ketiga, berinisial SY, 35, asal Tulungagung, mengalami gejala serupa yakni panas, batuk, tenggorokan sakit, dan sesak napas. Sebelumnya, SY, pasien berjenis kelamin perempuan ini menceritakan riwayatnya jika pernah kontak dengan orang yang baru pulang dari Taiwan. Dia bertemu saat menghadiri hajatan. Lantas dia pun dibawa ke Puskesmas Ngantru dan kemarin dirujuk ke RSUD dr Iskak Tulungagung.

"Semua sudah ditangani. Sesuai prosedur yang ada. Kini mereka sedang berada di ruang isolasi untuk mendapatkan perawatan intensif," jelasnya.

Disinggung apakah ketiganya sudah diambil sampel swab, Kasil mengaku sudah mengambil semua sampel PDP. Kemudian, sampel tersebut dikirim untuk diperiksakan di laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) di Jakarta. "Ya, sudah diambil semua," tegasnya.

Kasil mengimbau pada semua masyarakat untuk lebih mawas diri dengan menerapkan pola hidup sehat, sering cuci tangan, dan menghindari keramaian.

"Untuk kondisi PDP yang lebih dulu masuk, sudah mulai membaik. Termasuk yang asal Pacitan," tandasnya. (*)

(rt/lai/dre/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia