alexametrics
Kamis, 09 Apr 2020
radartulungagung
Home > Trenggalek
icon featured
Trenggalek

Nelayan Tetap Pergi Cari Ikan

23 Maret 2020, 18: 15: 59 WIB | editor : Retta wulansari

TETAP DIOPERASIKAN: Beberapa kapal nelayan yang diparkir di PPN Prigi beberapa waktu lalu.

TETAP DIOPERASIKAN: Beberapa kapal nelayan yang diparkir di PPN Prigi beberapa waktu lalu. (HENNY SURYA AKBAR PURNA PUTRA/RADAR TRENGGALEK)

KOTA, Radar Trenggalek - Di tengah merebaknya isu virus korona, hal itu ternyata tak menyurutkan para nelayan tetap pergi melaut. Aktivitas keseharian mereka tetap seperti semula. “Tidak ngefek bagi nelayan, aktivitas seperti biasa,” kata nelayan dari Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Eny Kuswandi. 

Menurut dia, mata pencaharian warga nelayan Bumi Menak Sopal memang menangkap ikan. Ketika aktivitas tersebut terhambat, sumber penghasilan para nelayan pun ikut terdampak. Dia pun tidak memungkiri, virus korona yang merebak itu juga sudah diketahui kebanyakan nelayan di Watulimo. Namun, warga nelayan juga dihadapkan dengan sumber penghasilan sehingga mayoritas nelayan melanjutkan aktivitas menangkap ikan. “Karena mata pencahariannya juga dari menjual ikan tangkapan,” kata dia. 

Eny, panggilannya melanjutkan, aktivitas warga pesisir pantai lainnya juga belum mengalami perubahan. Semisal kegiatan warga ketika berniaga di tempat pelelangan ikan (TPI). “Jual beli di pelelangan juga masih sama,” kata dia. 

Sementara Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Trenggalek Cusi Kurniawati mengatakan, merebaknya isu korona tidak berpengaruh terhadap kebijakan-kebijakan teknis untuk masyarakat pesisir selatan Trenggalek. Hanya saja, pihaknya mengimbau masyarakat yang bertransaksi di TPI agar lebih menjaga kebersihan diri dengan menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun. “Ya, memang budaya di sana (nelayan, Red) ketemunya dengan orang-orang itu saja. Jadi aktivitas mereka seperti biasa. Cuma diimbau lebih menjaga kebersihan dan semoga tidak ada yang kena,” ujarnya. 

(rt/pur/dre/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia