alexametrics
Jumat, 10 Apr 2020
radartulungagung
Home > Trenggalek
icon featured
Trenggalek

Layanan Perpanjangan SIM Ditutup

26 Maret 2020, 14: 10: 59 WIB | editor : Retta wulansari

RAMAI: Petugas pelayanan satuan penyelenggara administrasi (satpas) di Polres Trenggalek beberapa waktu lalu.

RAMAI: Petugas pelayanan satuan penyelenggara administrasi (satpas) di Polres Trenggalek beberapa waktu lalu. (HUMAS POLRES FOR RATU)

KOTA, Radar Trenggalek - Layanan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) di jajaran satuan lalu-lintas (satlantas) terpaksa ditutup sampai Minggu nanti (29/3). Hal itu diungkapkan Satlantas Polres Trenggalek AKP Randy Asdar.

Menurut dia, beberapa layanan yang ditutup seperti perpanjangan SIM, samsat drive thru, samsat payment point, dan layanan sambel pedes. Penutupan layanan terhitung sejak Selasa lalu (24/3). "Penutupan pelayanan di jajaran satlantas ini untuk sementara waktu. Hal itu untuk mencegah penyebaran virus korona atau Covid-19," ungkapnya.

Randy, panggilannya, tak memungkiri, kebijakan itu akan berdampak langsung terhadap pengurusan surat-surat penting dalam berkendara. Yang membuat masyarakat menjadi bingung, seperti telat memperpanjang masa aktif. Namun, kata dia, selama masa berlaku SIM habis ketika masa penutupan sementara itu, maka mereka bisa mendapat dispensasi khusus. "Tidak perlu cemas atau khawatir karena ada dispensasi khusus saat layanan dibuka lagi," ujarnya.

Dia mengungkapkan, latar belakang penutupan beberapa layanan di satlantas karena dampak merebaknya Covid-19. Virus itu patut diwaspadai karena penularannya tidak terlihat. Sehingga untuk menekan potensi penularan, perlu adanya kebijakan seperti mengurangi keramaian atau kerumunan. "Penutupan pelayanan itu merupakan tindak lanjut dari kebijakan pemerintah terkait social distancing atau physical distancing. Untuk mengurangi penyebaran virus korona di Trenggalek," kata dia.

Di sisi lain menyinggung terkait pembukaan layanan, kata Randy, dimungkinkan secara situasional. Pasalnya, perlu menunggu perkembangan wabah virus korona. Ketika situasinya semakin kondusif, layanan dapat dibuka lagi. "Untuk pemberitahuan lebih lanjut akan disampaikan kemudian," pungkasnya. 

(rt/pur/dre/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia