alexametrics
Rabu, 03 Jun 2020
radartulungagung
Home > Trenggalek
icon featured
Trenggalek

Negatif, Satu Pasien PDP Boleh Pulang

27 Maret 2020, 14: 05: 59 WIB | editor : Retta wulansari

JAGA JARAK: Pasien rawat jalan di RSUD dr Soedomo Trenggalek yang menerapkan social distancing. Satu pasien PDP sudah boleh pulang.

JAGA JARAK: Pasien rawat jalan di RSUD dr Soedomo Trenggalek yang menerapkan social distancing. Satu pasien PDP sudah boleh pulang. (ZAKI JAZAI/RADAR TRENGGALEK)

KOTA, Radar Trenggalek - Masyarakat Kota Keripik Tempe dan sekitarnya harus tetap mengikuti anjuran pemerintah agar melakukan social distancing. Tujuannya, jangan sampai ada masyarakat yang tertular virus korona dari daerah lain.

Apalagi berdasarkan kabar yang diterima Jawa Pos Radar Trenggalek, dua pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di RSUD dr Soedomo semuanya negatif korona. Sehingga perlu kesadaran dari masyarakat untuk mematuhi anjuran dari pemerintah agar tidak menambah jumlah PDP, apalagi statusnya menjadi positif. "Satu orang PDP kondisinya telah membaik. Hari ini (kemarin, 26/3, Red) sudah diperbolehkan pulang," ungkap Direktur RSUD dr Soedomo Trenggalek, Sunarto.

Dia melanjutkan, sedangkan untuk satu PDP lainnya berdasarkan hasil tes swab pertama hasilnya negatif. Namun, kini masih dalam proses tes swab yang kedua. Jika hasilnya negatif dan kondisinya sudah pulih, maka seperti PDP pertama, PDP tersebut juga diperbolehkan pulang. "Berdasarkan aturannya, setelah dilakukan tes pertama hasilnya negatif, PDP itu satu minggu kemudian harus melakukan tes swab lagi. Jika hasilnya negatif, baru diperbolehkan pulang," tuturnya.

Sedangkan jika hasilnya positif, yang bersangkutan harus menjalani perawatan dengan sistem isolasi yang dilakukan. Untuk perawatan, mengingat RSUD dr Soedomo sudah ditetapkan menjadi rumah sakit rujukan korona, maka tidak perlu dirujuk ke rumah sakit lain. Namun jika kondisinya terus memburuk, baru PDP tersebut akan di rujuk ke rumah sakit provinsi, seperti RS dr Soedono Madiun, RS dr Saiful Anwar Malang, atau RS dr Soetomo Surabaya."Semoga saja tes swab nanti hasilnya tetap negatif sehingga di sini tidak ada yang positif korona," jelas Sunarto. 

(rt/zak/dre/red/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia