alexametrics
Senin, 01 Jun 2020
radartulungagung
Home > Kolom
icon featured
Kolom

Rambut Dikencingi Kucing Mudah Beruban?

16 Mei 2020, 15: 30: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Ilustrasi

Ilustrasi

Mitos nyeleneh dan konyol mungkin sering ditemukan di kehidupan sehari-hari. Salah satunya apa yang ditulis akun Facebook Miskin Kuota Miko. Dia menulis, “Katanya rambut yg dikencingi kucing bisa putih/ubanan.”

Sementara itu, dr Alyssa Diandra seperti dilansir alodokter.com, mengenai hubungan antara urine kucing dengan uban tidak ada penelitian yang mengatakan hal tersebut. Uban merupakan suatu kondisi fisiologi yang berkaitan dengan usia. Yakni kadar pewarna rambut (melanin) sudah berkurang produksinya.

Namun jika ini terjadi pada usia muda, penyebabnya dapat berupa masalah genetik. Adanya kondisi klinis seperti penyakit tiroid dan defisiensi vitamin B12. “Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi yang Anda alami untuk informasi lebih lanjut. Hal yang dapat dilakukan yakni segera mencuci rambut setelah terkena urine kucing dan jaga pola makan anda agar dapat memenuhi vitamin dan mineral yang dibutuhkan. Terutama vitamin B12 dari daging, ikan, sayur, telur, dan produk susu; serta kelola stres,” jelasnya. (rka/ed/ris

FAKTA: Uban merupakan suatu kondisi fisiologi yang berkaitan dengan usia. Yakni kadar pewarna rambut (melanin) sudah berkurang produksinya. Namun jika ini terjadi pada usia muda, penyebabnya dapat berupa masalah genetik. Adanya kondisi klinis seperti penyakit tiroid dan defisiensi vitamin B12.

(rt/rak/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia