alexametrics
Senin, 01 Jun 2020
radartulungagung
icon-featured
Features

Kepedulian DPC PKB Kota Blitar kepada Warga Terdampak Covid-19

Bagikan 1.000 Paket Sembako

17 Mei 2020, 11: 26: 59 WIB | editor : Didin Cahya FS

PEDULI: Ketua DPC PKB Kota Blitar Yasin Hermanto (baju putih) setelah menyerahkan bansos kepada warga di Kelurahan Rembang, Kecamatan Sananwetan, Sabtu (16/5).

PEDULI: Ketua DPC PKB Kota Blitar Yasin Hermanto (baju putih) setelah menyerahkan bansos kepada warga di Kelurahan Rembang, Kecamatan Sananwetan, Sabtu (16/5). (ADITYA YUDA SETYA PUTRA/RADAR BLITAR)

Pandemi Covid-19 membuat ekonomi masyarakat terpuruk. Tak ayal, masyarakat kecil dan tidak mampu paling merasakan dampak pagebluk ini. Hal tersebut memantik kepedulian keluarga besar Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Blitar untuk ikut berperan dan mengulurkan tangan membantu sesama.

ADITYA YUDA SETYA PUTRA, Sanawetan, Radar Blitar   

Cuaca mendung sore Sabtu (16/5) tidak membuat aksi kepedulian yang digelar DPC PKB Kota Blitar terkendala. Sebuah mobil hitam masuk ke salah satu gang di Kelurahan Rembang, Kecamatan Sananwetan. Itu bukan mobil milik warga sekitar hendak parkir di garasi rumah, melainkan mobil milik DPC PKB Kota Blitar yang akan mendistribusikan bantuan kepada masyarakat kecil terdampak Covid-19.

Dari dalam mobil itu, ratusan paket dibungkus tas berwarna hijau diturunkan. Satu per satu diangkut beberapa orang berseragam hijau tua. Sampai di salah satu gang, rombongan pun berbegas untuk mendata para warga yang akan menerima bantuan. Terlihat beberapa wanita, pria, remaja, dan orang tua, dengan memakai masker, mencatatkan namanya di daftar yang dibawa salah seorang petugas.

Tak lama, seorang berkemeja putih dengan ramah menyapa dan mengajak warga berbincang. Ya, pria itu adalah Ketua DPC PKB Kota Blitar, Yasin Hermanto.

Mengenakan masker berwarna hijau, Yasin mulai menuturkan seputar bantuan sosial (bansos) yang akan salurkan kepada warga, sore kemarin.

Kegiatan ini merupakan program Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB untuk membantu masyarakat kecil terdampak Covid-19. Yakni menyentuh lapisan masyarakat paling bawah melalui DPC untuk selanjutnya diteruskan ke ranting-ranting. “Yang jelas ini program DPP PKB untuk menyentuh masyarakat paling bawah melalui DPC, turun ke PAC lalu turun ke ranting-ranting. Kebetulan yang pertama di ranting Rembang. Ini tadi pertama kami bagikan,” terang pria yang juga menjabat sebagai wakil ketua DPRD Kota Blitar tersebut.  

Proses distribusi bantuan ini akan dilakukan di empat kelurahan. Yaitu Kelurahan Rembang, Tanggung, Sentul, dan Bendogerit. Untuk penerima bantuan, difokuskan kepada masyarakat kecil terdampak langsung. “Yang jelas masyarakat terdampak dan sudah terdata melalui ketua beberapa ranting,” ungkapnya.

Total ada sebanyak 1.000 paket bantuan didistribusikan pada kegiatan itu. Kemudian dibagikan merata di empat kelurahan, yang sore itu menjadi sasaran kegiatan. Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan pokok yaitu pangan. Kini banyak masyarakat kecil kesulitan mencukupi kebutuhan pokoknya.

Masyarakat merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini karena setidaknya mereka bisa bernapas lega dengan adanya bantuan dari DPC PKB. “Mudah-mudahan juga bermanfaat dan berkah,” ujarnya.

Untuk kegiatan pembagian bantuan lanjutan, Yasin mengaku akan dilakukan secara bertahap. Mengingat perlu adanya proses-proses lain sebelum dilakukannya kegiatan pendistribusian. Salah satunya, pendataan kepada para calon penerima bantuan.

Dia berharap kepada masyarakat Kota Blitar untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan imbauan pemerintah maupun tim gugus tugas penanganan virus korona. “Yang jelas terkait dengan Covid-19, tetap kita patuhi aturan-aturan yang disampaikan gugus tugas penanganan virus korona. Salah satu contoh kecil, pakai masker, cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, serta jaga jarak saat berinteraksi dengan sesama. Harus terus disosialisasikan pada masyarakat,” tegasnya. 

(rt/kan/did/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia