alexametrics
Senin, 01 Jun 2020
radartulungagung
Home > Tulungagung
icon featured
Tulungagung

PKB Peduli, Salurkan 6 Ribu Paket Sembako

Ke Guru Ngaji dan Warga Terdampak Covid-19

18 Mei 2020, 09: 15: 50 WIB | editor : Alwik Ruslianto

HEBAT: Pemberangkatan ribuan paket sembako yang akan disalurkan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

HEBAT: Pemberangkatan ribuan paket sembako yang akan disalurkan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. (MUHAMMAD HAMMAM DEFA SETIAWAN/RATU)

KOTA, Radar Tulungagung – Pandemi korona yang melanda seluruh dunia, termasuk di Indonesia khususnya Tulungagung, membuat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tergerak. Seperti yang dilakukan Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Tulungagung, yang menyerahkan secara simbolis dan pelepasan penyaluran ribuan bantuan sembako dari Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB Gus Abdul Muhaimin Iskandar (Gus AMI). Paket tersebut diserahkan kepada ribuan  masyarakat Tulungagung yang terdampak coronavirus disease (Covid-19), kuhusnya untuk masyarakat Tulungagung yang belum mendapatkan bantuan dari program pemerintah.

Sekitar pukul 11.00 WIB kemarin (16/5), tampak puluhan pikap dan truk berjejer rapi di halaman kantor DPC PKB Tulungagung di Jalan Letjend Suprapto, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Tulungagung. Kendaraan tersebut penuh diisi ratusan paket sembako yang siap disalurkan kepada orang-orang yang terdampak Covid-19. “Ini bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat Tulungagung,” ungkap Ketua DPC PKB Tulungagung Adib Makarim.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh berbagai macam elemen, mulai dari Kapolres Tulungagung yang diwakili Kapolsek Tulungagung, Ketua DPC PKB Tulungagung Adib Makarim, M.H, seluruh anggota fraksi PKB DPRD Tulungagung, Syuro DPC PKB K.H Abu Said, Syuro DPW PKB Jawa Timur K.H Muhsin Ghozali, Ketua Tanfidziah PCNU Tulungagung K.H Abdul Hakim Mustofa, perwakilan Banom NU dan Banom PKB, Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) PKB se kabupaten Tulungagung, serta perwakilan penerima bantuan sembako yang terdiri dari, perwakilan guru ngaji, yatim piatu, percatu Tulungagung, tukang becak,  marbot masjid dan warga terdampak.

PEDULI: Adib Makarim memberikan donasi kepada perwakilan guru ngaji yang terdampak Covid-19.

PEDULI: Adib Makarim memberikan donasi kepada perwakilan guru ngaji yang terdampak Covid-19. (MUHAMMAD HAMMAM DEFA SETIAWAN/RATU)

Ketua DPC PKB Tulungagung sekaligus anggota Fraksi PKB DPRD Tulungagung Adib Makarim mengatakan, bantuan ini bentuk kepedulian nyata PKB terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19. Pembagian 6 ribu paket sembako ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama ada 3 ribu paket sembako yang telah tersalurkan, dan kali ini merupakan tahap kedua dengan 3 ribu paket sembako. “Dengan banyaknya bantuan yang kami salurkan, semoga dapat membantu masyarakat yang terdampak Covid-19,” tuturnya.

Pria ramah itu menjelaskan, setiap satu paket berisi 14 kilogram (kg) yang berisi beras berkualitas premium, minyak goreng sawit dan gula kristal putih. Jika diakumulai, ada sekitar 84,5 ton sembako yang disalurkan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. “Saat ini yang terpenting adalah kesejahteraan masyarakat, terutama yang terdampak Covid-19,” ujarnya.

Ribuan bantuan tersebut akan dibagikan kepada guru ngaji yang kini terdampak Covid-19. Karena adanya Covid-19, banyak guru ngaji yang kesulitan memenuhi kehidupan sehari-hari. Selain guru ngaji, ribuan paket sembako tersebut juga akan disalurkan kepada difabel, yatim piatu, tukang becak, dan orang-orang yang kehilangan mata pencaharian. “Banyak dari mereka yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah. Maka dari itu, kami hadir untuk mengisi kekosongan itu,” jelas pria berkacamata ini.

Mantan anggota KPU Tulungagung ini menjelaskan, agar bantuan tersebut sesuai sasaran, pihaknya telah melakukan pendataan penerima bantuan pada hari-hari sebelumnya. Selain itu, dalam penyaluran bantuan, pihaknya langsung ke rumah-rumah dengan disertai foto penerima dan penyalur bantuan. “Agar bantuan ini tersalurkan tepat sasaran, kami menggunakan sistem door to door berdasarkan data yang kami miliki,” jelasnya.

Adib menambahkan, selain pembagian ribuan paket sembako, pihaknya juga telah memberi berbagai macam bantuan lainnya. Seperti donasi ke Desa Jabalsari, rusunawa, dan sebagainya. Dia berharap, semoga bantuan tersebut dapat membantu masyarakat yang kini kesulitan  memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain doa, aksi nyata sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan percepatan penanganan Covid-19. “Semoga musibah ini dapat segera diangkat oleh Allah SWT. Tentu banyak hikmah di balik musibah ini,”  katanya.

Acara tersebut diakhiri dengan penyerahan secara simbolis bantuan sembako kepada perwakilan penerima bantuan yang telah hadir dalam acara tersebut. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan mengibarkan bendera oleh Dewan Syuro PKB Jawa Timur, K.H Muhsin Ghozali sebagai tanda pemberangkatan puluhan armada menuju rumah-rumah masyarakat penerima bantuan di seluruh Tulungagung. (ham/ed/and)

(rt/dre/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia