alexametrics
Senin, 01 Jun 2020
radartulungagung
Home > Tulungagung
icon featured
Tulungagung

Vegetarian Kebal Covid-19?

19 Mei 2020, 15: 30: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Makanan vegetarian

Makanan vegetarian (www.freepik.com)

Beredar informasi yang menyebutkan, WHO menyatakan bahwa vegetarian tidak terkena virus korona atau Covid-19. Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa klaim tersebut tidak benar. Diketahui pula bahwa isu tersebut tersebar di India dan sudah dibantah oleh representatif WHO di India.

Representatif WHO di India, Supriya Bezbaruah, membantah bahwa mereka mengeluarkan pernyataan tersebut. “WHO tidak mengeluarkan pernyataan itu,” ujarnya.

Kemudian, Sekretaris Jenderal Indian Medical Association, Dr R.V. Asokan juga membantah bahwa vegetarian aman dari Covid-19. “Klaim itu sama sekali tidak benar. Tidak ada bukti medis bahwa makanan nonvegetarian berhubungan dengan kematian yang disebabkan oleh Covid-19,” bantahnya.

Direktur All India Institute of Medical Sciences (AIIMS), Dr Randeep Guleria mengatakan, infeksi Covid-19 menyebar terutama dari orang ke orang dan konsumsi makanan atau telur. Dan makanan nonvegetarian bukan penyebabnya.

“Untuk melindungi diri Anda, seperti ketika mengunjungi pasar hewan hidup, hindari kontak langsung dengan hewan dan permukaan yang bersentuhan dengan hewan. Pastikan praktik keamanan pangan yang baik setiap saat. Tangani daging, susu, atau organ hewan mentah dengan hati-hati untuk menghindari kontaminasi makanan mentah dan menghindari konsumsi produk hewani mentah atau kurang matang,” ujarnya.

Setelah melakukan penelusuran selanjutnya, diketahui bahwa isu vegetarian aman dari covid-19 lantaran kesalahapamahan konteks pernyataan dari Representatif WHO di China, Gauden Galea, dalam sebuah wawancaranya pada media. Galea sudah memberikan klarifikasi atas konteks pernyataannya yang salah dipahami tersebut. (ed/rka/ris)

FAKTA: Tidak ada bukti medis bahwa makanan nonvegetarian berhubungan dengan kematian yang disebabkan oleh Covid-19.

(rt/rak/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia