alexametrics
Senin, 01 Jun 2020
radartulungagung
Home > Tulungagung
icon featured
Tulungagung

Jamaah Beriktikaf Menurun

19 Mei 2020, 19: 30: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

LEBIH LENGANG: Beberapa jamaah Masjid Agung Al Munawwar sedang beristirahat di sisi depan masjid usai menjalankan salat Duhur pada Selasa (12/5) lalu.

LEBIH LENGANG: Beberapa jamaah Masjid Agung Al Munawwar sedang beristirahat di sisi depan masjid usai menjalankan salat Duhur pada Selasa (12/5) lalu. (DHARAKA R. PERDANA/RATU)

KOTA, Radar Tulungagung — Adanya pandemi Covid-19 membuat jamaah Masjid Agung Al Munawwar untuk iktikaf atau berdiam diri di masjid menurun. Bahkan diperkirakan saat ini hanya ada belasan orang saja. Baik yang berdiam diri di siang maupun di malam ganjil 10 hari terakhir Ramadan. Sehingga suasana lebih lengang.

Sigit Kurniawan, ketua remaja masjid (remas) Al Munawwar mengatakan, adanya pandemi korona memang berimbas pada merosotnya jumlah jamaah yang berdiam diri. Contohnya pada malam ganjil yang biasanya separo lebih kapasitas masjid, sekarang tinggal seperempat. Bahkan saat siang hari pun hanya bisa dihitung jari. “Saat ini yang berdiam diri tinggal sedikit karena ada korona,” katanya kemarin (18/5).

Pemuda asli Desa/Kecamatan Pucanglaban ini menambahkan, pada Ramadan lalu, jumlah jamaah yang datang pada 10 hari terakhir bulan puasa cukup banyak. Bahkan pada malam ganjil, jamaah terus bertambah hingga memasuki waktu sahur. “Tetap ada, tetapi tidak seperti dulu,” tambahnya.

Kendati demikian, dia dan pengurus lain tetap melayani jamaah yang datang. Khususnya menjaga area parkir seperti biasanya. “Kami tetap bertugas sebagaimana biasanya,” ujarnya.

Pantauan Koran ini, jika pada Ramadan sebelumnya, khususnya usai salat Duhur banyak yang beristirahat di ruang depan masjid kebanggaan masyarakat Kota Marmer ini. Sekarang jumlahnya tidak seberapa banyak. Umumnya jamaah yang datang langsung pulang begitu selesai salat. (rka/ris)

(rt/rak/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia