alexametrics
Senin, 01 Jun 2020
radartulungagung
Home > Tulungagung
icon featured
Tulungagung

Hoax, Ada Badai Panas Equinox

20 Mei 2020, 19: 30: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Hoax, Ada Badai Panas Equinox

Beredar informasi yang menyatakan bahwa akan terjadi fenomena badai panas Equinox di Indonesia yang dimulai 17 Mei 2020. Dalam narasi disebutkan beberapa imbauan untuk mempersiapkan diri menghadapi badai Equinox tersebut dan dikaitkan dengan harapan untuk dapat membunuh virus korona atau Covid-19.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa klaim tersebut tidak benar. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan informasi tersebut adalah hoax.

Menurut penjelasan BMKG, fenomena Equinox memang benar terjadi di Indonesia, tapi tidak ada hubungannya dengan badai panas. “Fenomena Equinox merupakan salah satu fenomena astronomi. Di mana posisi semu matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa,” ujar PLT Deputi Bidang Meteorologi BMKG Herizal dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/5).

Herizal menjelaskan, fenomena Equinox kerap terjadi di daerah lintang menengah dan tinggi seperti di India, Jepang, Korea, Amerika, dan Eropa. Fenomena ini dapat terjadi dua kali dalam satu tahun, yaitu sekitar 21 Maret dan 23 September. Saat fenomena ini berlangsung, kondisi suhu rata-rata di wilayah Indonesia berada di kisaran 32-36°C atau masih berada di ambang batas aman untuk manusia.

Sedangkan gelombang panas merupakan fenomena suhu udara lebih panas dari 5°C dari ambang batas suhu normal suatu wilayah. Hal ini biasanya disebabkan munculnya anomali sistem cuaca tekanan tinggi yang terjadi dalam beberapa hari atau minggu. “Fenomena Equinox bukanlah fenomena badai panas atau gelombang panas atau heat wave,” ujar Herizal. (rka/ed/ris)

 

FAKTA:  Fenomena Equinox memang benar terjadi di Indonesia, tapi tidak ada hubungannya dengan badai panas. Karena fenomena Equinox merupakan salah satu fenomena astronomi. Di mana posisi semu matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa,

(rt/rak/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia