alexametrics
Senin, 01 Jun 2020
radartulungagung
Home > Tulungagung
icon featured
Tulungagung

Waspada di Musim Pancaroba

22 Mei 2020, 15: 30: 59 WIB | editor : Alwik Ruslianto

WASPADA: Beberapa petani sedang beraktivitas di persawahan Desa Bolorejo, Kecamatan Kauman, saat awan tebal bergelayut, kemarin (21/5).

WASPADA: Beberapa petani sedang beraktivitas di persawahan Desa Bolorejo, Kecamatan Kauman, saat awan tebal bergelayut, kemarin (21/5). (DHARAKA R. PERDANA/RATU)

KOTA, Radar Tulungagung - Turunnya hujan deras di penghujung Ramadan harus membuat masyarakat waspada. Apalagi beberapa hari belakangan sering muncul awan cumulonimbus yang juga bisa memicu munculnya angin kencang. Sehingga potensi kebencanaan tetap harus dicermati.

“Yang pasti harus tetap waspada pada potensi kebencanaan saat musim peralihan ini,” kata Kepala Pelaksana BPBD Tulungagung Soeroto, kemarin (21/5).

Menurut dia, pada musim peralihan atau pancaroba seperti saat ini, sebenarnya intensitas hujan sudah berkurang jauh. Kendati demikian, ada kalanya hujan deras masih sering mengguyur. Sehingga potensi kebencanaan masih tetap ada. Apalagi ini sudah penghujung musim hujan sebelum memasuki kemarau. “Beberapa hari belakangan ini mendung tebal masih terus bergelayut di langit. Bisa dipastikan bakal ada hujan deras turun,” tambahnya.

Pria paro baya ini melanjutkan, akibat hujan deras memang sempat ada peristiwa tanah longsor di Desa Krandinan, Kecamatan Pagerwojo, yang menimpa sebuah rumah dan menutupi jalan. Namun, instansi yang dipimpinnya itu langsung memberikan bantuan material untuk perbaikan. Sedangkan bagian jalan yang tertutup material juga sudah disingkirkan.

Soeroto pun meminta kepada masyarakat untuk tetap waspada. Apalagi saat awan bergulung-gulung seperti ini rawan terjadi angin kencang. Sehingga saat beraktivitas di luar rumah, harus tetap berhati-hati. “Pada musim pancaroba, cuaca yang terjadi memang sulit ditebak. Sehingga harus tetap berhati-hati bila di luar,” tandasnya. (rka/ed/ris)

(rt/rak/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia