alexametrics
Senin, 01 Jun 2020
radartulungagung
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Konsep Daring Terkendala Akses dan Jaringan

Disdikpora Terapkan Class Physical Distancing

22 Mei 2020, 10: 18: 47 WIB | editor : Alwik Ruslianto

Infografis

Infografis

KOTA, Radar Trenggalek - Dinas pendidikan, pemuda, dan olahraga (disdikpora) harus memiliki langkah jitu dalam melakukan pembelajaran dari rumah terhadap siswa selama masa pandemi korona seperti saat ini. Pasalnya, konsep pembelajaran yang dilakukan tanpa tatap muka melalui platform yang telah tersedia (daring, Red), tidak bisa diterapkan di seluruh penjuru Bumi Menak Sopal.

Hal ini mengingat kondisi daerah di beberapa lokasi masih sulit dijangkau internet. Selain itu, masih ada siswa atau wali murid yang belum memiliki fasilitas elektronik yang mendukung proses pembelajaran tersebut, seperti HP android dan sebagainya. Tak ayal, hal itu harus disikapi agar proses pendidikan selama pandemi korona ini tetap berjalan. "Kami sangat menyadari hal itu. Makanya telah dilakukan berbagai langkah agar proses pembelajaran tetap berjalan, khususnya pada pendidikan anak usia dini (PAUD) atau TK," ungkap Plt Kepala Disdikpora Totok Rudijanto.

Dia melanjutkan, munculnya pandemi korona yang ada kini sangat mengganggu proses belajar di seluruh jenjang pendidikan termasuk tingkat PAUD. Untuk itu, disdikpora bersama guru PAUD tengah berupaya melakukan pendidikan class physical distancing. Dari situ, para guru bisa tetap melakukan proses pendidikan, tentunya dengan menerapkan protokoler kesehatan. "Ini sebagai solusi jika proses pendidikan melalui daring tidak bisa diterapkan salama pandemi korona," katanya

Nantinya, anak didik diharapkan tetap bisa memperoleh pendidikan sambil bermain. Selain itu, konsep tersebut bakal terus dikembangkan oleh disdikpora, mengingat tidak ada yang tahu kapan berakhirnya pandemi korona seperti saat ini. "Tujuan kami, para guru tetap bisa menjalankan tugasnya di tengah mewabahnya Covid-19. Selain itu, kami juga akan tetap menjaga kesejahteraan mereka," jelas Totok. (jaz/ed/tri)

(rt/zak/alwk/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia